sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pemprov Jatim temukan indikasi jual beli surat keterangan bebas Covid-19

Sudah melaporkan salah satu marketplace ke Dirjen Perhubungan Darat karena diduga menjual surat sehat Covid-19. 

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Jumat, 15 Mei 2020 08:17 WIB
Pemprov Jatim temukan indikasi jual beli surat keterangan bebas Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 25773
Dirawat 17185
Meninggal 1573
Sembuh 7015

Dinas Perhubungan Jawa Timur membenarkan adanya rumor jual beli surat keterangan sehat dari Covid-19. Surat itu diperjualbelikan di internet agar dapat menaiki transportasi umum, baik udara maupun darat.

Kepala Dishub Jatim Nyono, mengaku, sudah melaporkan salah satu marketplace ke Dirjen Perhubungan Darat karena diduga menjual surat sehat Covid-19. 

"Ini membuat aparat di daerah semakin sulit melakukan pengendalian karena membuat bias kondisi di lapangan dan mempersulit aparat melakukan pemeriksaan," ujar Nyono, di Grahadi, Kamis (14/5) malam. 

Meski begitu, Dinas Perhubungan Pemprov Jawa Timur tetap melakukan pengetatan terhadap penumpang, baik yang naik pesawat maupun moda transportasi darat. Dishub ingin memastikan penumpang dalam kondisi sehat, atau negatif Covid-19.

"Tetapi kami harus melakukan pengetatan karena untuk pastikan penumpang itu sehat," tegasnya.

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, meminta polisi agar menyelidiki informasi tersebut. Mengingat surat tersebut dinilai telah membuat gaduh petugas di lapangan. 

“Itu rumor, kami minta kapolri menugaskan timnya. Supaya rumor ini benar atau tidak. Hoaks atau tidak. Supaya jernih,” tegasnya.

Khofifah juga meminta Kapolda Jatim Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, untuk memastikan keabsahan berita terkait surat keterangan sehat tersebut. Khofifah meminta masyarakat menunggu keabsahan surat keterangan sehat covid-19.

Sponsored

“Saya sudah minta tolong ke kapolda untuk memberikan melakukan verifikasi benar atau tidaknya. Kita tunggu dulu," pungkasnya.

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Cara berjuang masyarakat adat melawan Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020 16:49 WIB
Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Pandemi dan paras otoriter rezim Jokowi 

Kamis, 28 Mei 2020 17:45 WIB
Berita Lainnya