sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Fadli Zon curiga Habib Rizieq memang dihalang-halangi untuk pulang

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon curiga Habib Rizieq sengaja dihalang-halangi agar tak bisa pulang ke Indonesia.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 11 Nov 2019 20:28 WIB
Fadli Zon curiga Habib Rizieq memang dihalang-halangi untuk pulang

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon curiga Habib Rizieq sengaja dihalang-halangi agar tak bisa pulang ke Indonesia.

Anggota Komisi I DPR Fraksi Gerindra yang pernah menemui Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab di Arab Saudi secara langsung itu menuding ada unsur kesengajaan dari pihak-pihak tertentu agar HRS tidak kembali ke Tanah Air.

"Jadi ada upaya supaya Habib Rizieq tidak kembali ke Indonesia. Itu yang dilaporkan kepada saya tempo hari," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (11/11).

Fadli mengaku sudah beberapa kali bertemu Rizieq di Arab Saudi. Dalam kesempatan itu, Rizieq menyampaikan keluhannya soal statusnya yang dilarang keluar dari imigrasi Arab Saudi.

Bahkan suatu waktu, Rizieq dan keluarganya sudah siap kembali ke Tanah Air, namun tertahan karena Rizieq kembali dicekal.

"Beliau sendiri (Rizieq Shihab) ketika visa mau habis sudah di airport. Bahkan anak dan istrinya sudah melewati imigrasi. Tapi HRS yang enggak bisa melewati imigrasi dan akhirnya kembali lagi," katanya.

Menurut Fadli, kejadian tesebut berulang-ulang terjadi. Dia pun menduga jika hal tersebut memang sebuah kesengajaan agar Rizieq tak bisa pulang. Padahal, kata dia, Rizieq tidak memiliki cacat hukum karena toh kasusnya sudah dihentikan oleh polisi.

"Seperti ada pesanan, itu yang kita tangkap kira-kira. Pesanan dari siapa, kita tidak tahu," katanya.

Sponsored

Dia pun mendesak agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantu Rizieq dalam kasus ini.

"Menurut saya, kalau pemerintah mempunyai niat baik harus melindungi warga negara termasuk HRS, difasilitasi. Mudah lah itu. Karena pasti ada tangan-tangan tak terlihat yang ketika itu menginginkan beliau tidak kembali ke Indonesia," jelasnya.

Fadli sendiri berjanji akan membantu kepulangan Rizieq. Namun saat ini dia mengaku belum mendapat permintaan dari FPI maupun Rizieq sendiri.

"Belum ada permintaan sih. Tapi saya kira pada waktu yang tepat kalau nanti saya ketemu (Mahfud). Dan kalau ada aspirasi saya akan memperjuangan," pungkasnya.