sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jakpro targetkan 10% tiang pancang terpasang di Old Trafford Persija

"Pemasangan indicator pile sebanyak 1.400 tersebut ditargetkan rampung pada Rabu, 14 Agustus 2019."

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Senin, 12 Agst 2019 12:02 WIB
Jakpro targetkan 10% tiang pancang terpasang di Old Trafford Persija

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tengah melakukan proses pembangunan proyek Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion Taman Bersih, Manusiawi, dan Berwibawa (BMW).

Corporate Secretary PT Jakpro Hani Sumarno mengatakan, sebanyak 1.400 titik akan dipasangi tiang pancang pada tahap awal pembangunan. Jumlah tersebut merupakan 10% dari total 14.000 tiang pancang yang akan dipasang pada proyek ini.

"Pemasangan indicator pile sebanyak 1.400 tersebut ditargetkan rampung pada Rabu, 14 Agustus 2019," ujar Hani saat dihubungi reporter Alinea.id, Senin (12/8).

Hingga Minggu (11/8), sudah ada 989 titik yang dipasangi tiang pancang di lokasi tersebut.

Pada Selasa (20/8), perusahaan pelat merah milik Pemprov DKI akan mengumumkan pemenang lelang pengerjaan proyek Stadion Taman BMW. Pemenang lelang akan mengerjakan pelaksaan proyek mulai dari desain hingga pembangunan konstruksi.

"Jadi, pada 20 Agustus 2019 akan ada press conference untuk informasikan kepada publik tentang pemenang lelang pekerjaan konstruksi," ujar Hani.

Pembangunan stadion ini merupakan janji kampanye Anies Baswedan saat maju di Pilgub DKI bersama Sandiaga Uno pada 2016 lalu. Dalam situs jakartamajubersama.com milik Anies-Sandi, disebutkan stadion akan dilengkapi berbagai fasilitas dan wahana. Hal ini sebagai upaya agar stadion tidak hanya ramai di hari pertandingan.

Dalam situs tersebut, wahana yang akan dibangun sebagai pelengkap adalah "museum sepak bola Jakarta agar menjadi objek wisata seperti di Eropa". Selain itu, yang turun direncanakan dibangun sebagai pelengkap stadion adalah "patung-patung legenda sepak bola dari Jakarta di depan stadion sebagai apresiasi sejarah sepakbola Jakarta."

Sponsored

Saat kampanye, Sandiaga mengatakan stadion yang diperuntukkan sebagai kandang klub sepak bola Jakarta, Persija, akan bertaraf internasional.

"Rumputnya seperti di Manchester United (Old Trafford). Tempat duduknya bakal seperti di Jerman, Bayern Munchen (Allianz Arena), ya," kata Sandi saat berkampanyenya di Cakung, Jakarta Timur, Kamis 17 November 2016 lalu. 

Saat itu, pembangunan stadion Macan Kemayoran ditargetkan dimulai pada tahun pertama kepemimpinan Anies-Sandi. Namun pelaksanaannya tak semulus janji yang terucap di masa kampanye.

Pada 27 Agustus 2018, Sandiaga Uno justru memilih mengundurkan diri sebagai wakil gubernur. Keputusan tersebut dilakukan untuk memuluskan langkahnya menjadi pendamping Prabowo Subiantor di Pilpres 2019. 

Pembangunan proyek ini juga sempat terkendala oleh sengketa kepemilikan lahan Taman BMW. PTUN DKI Jakarta sebelumnya membatalkan sertifikat hak pakai (SHP) Pemprov DKI atas Taman BMW di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara tersebut.

Dalam sidang yang berlangsung Selasa (14/5), Majelis Hakim PTUN DKI Jakarta mengabulkan gugatan PT Buana Permata Hijau atas sengketa penerbitan dua sertifikat hak pakai (SHP) oleh Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara di Taman Stadion BMW dalam perkara Nomor 282/G/2018/PTUN-JKT.

Kemudian, Pemprov DKI berencana untuk melakukan banding. Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Yayan Yuhanah memberikan kuasa kepada Denny Indrayana untuk pendampingan Biro Hukum DKI, yang akan melakukan banding setelah kalah atas gugatan PT Buana Permata Hijau terkait lahan BMW di PTUN Jakarta.