Nasional / Asian Games

Jelang Asian Games, Venue Jakarta & Palembang rampung Juni

Pemerintah optimistis venue Asian Games di Jakarta dan Palembang diyakini rampung pada Juni 2018.

Jelang Asian Games, Venue Jakarta & Palembang rampung Juni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, Asian Games akan dimulai 92 hari lagi, dia optimistis pelaksanaan Asian Games di Indonesia akan berjalan kondusif. / Antara Foto

Pemerintah optimistis venue Asian Games di Jakarta dan Palembang diyakini rampung pada Juni 2018.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, Asian Games akan dimulai 92 hari lagi, dia optimistis pelaksanaan Asian Games di Indonesia akan berjalan kondusif.

"Saya baru saja pulang dari Palembang. Melihat 14 venue di Palembang, insha Allah semuanya akan bisa berjalan sesuai dengan yang ditargetkan yaitu selesai hingga 30 Juni, semua vanue yang ada di Palembang akan selesai," kata Puan di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (17/5).

Asian Games akan digelar pada 18 Agustus 2018. Indonesia dipercaya kembali menjadi tuan rumah pesta olah raga tingkat Asia itu setelah 56 tahun silam untuk pertama kalinya RI dipercaya menjadi panitia pada 1962.

Politisi PDI Perjuangan yang merupakan putri Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu, juga memastikan venue Asian Games di Jakarta bakal rampung sesuai target.

Dari sisi keamanan, pemerintah mengkoordinasikan dengan TNI, Polri, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan seluruh kementerian/lembaga. Dia optimistis gelaran Asian Games 2018 bakal berjalan sukses.

Puan mengimbau kepada masyarakat dan media massa untuk turut menyukseskan gelaran Asian Games. Caranya, dengan membangun optimisme bagi Indonesia dan internasional.

"Kita bisa menjadi tuan rumah Asian Games 56 tahun yang lalu. Kemudian baru saat ini, kita bisa kembali menjadi tuan rumah yang ke-18. Kita harus membuktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah Asian Games dan bisa menyukseskan Asian Games yang akan datang," katanya. 

Sejumlah negara, sambungnya, masih merilis travel advice ke Indonesia. Hal tersebut menjadi tanggung jawab masing-masing negara demi melindungi warga negaranya.

Kendati demikian, Puan optimistis situasi keamanan akan kembali membaik dan travel advice segera dicabut, seiring dukungan dari seluruh pihak. Terutama TNI, Polri, BIN, BNPT, dan seluruh kementerian/lembaga.

"Kemudian bisa menyatakan Indonesia kembali atau tidak mendapatkan travel advise dari negara-negara tersebut," tuturnya.

Puan menambahkan, terdapat setidaknya enam titik yang dilakukan pengamanan telah dircancang sesuai dengan standar internasional.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Syafruddin, menegaskan pihaknya bertanggung jawab terhadap stabilitas keamanan. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tenang dan memberikan kepercayaan kepada aparat kepolisian terkait keamanan Asian Games.

Kemudian, aparat kepolisian akan bersikap profesional dalam pengamanan gelaran tingkat Asia itu. "Jika dua hal tersebut bisa ditingkatkan dan disatukan, maka kepercayaan publik akan segera pulih. Apalagi kepercayaan internasional kepada kita  akan segera pulih," tuturnya.

Kepolisian telah menyiapkan kekuatan cadangan untuk mengamankan gelaran Asian Games di Jakarta dan Palembang.


Berita Terkait