sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jelang HUT OPM, Polri gelar operasi besar-besaran

Masyarakat diimbau tidak lakukan perayaan apapun.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 23 Nov 2020 19:56 WIB
Jelang HUT OPM, Polri gelar operasi besar-besaran

Polri dan TNI akan melakukan patroli besar-besaran di wilayah Papua dan Papua Barat menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (HUT OPM) pada 1 Desember 2020.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Awi Setiyono mengatakan, operasi besar-besaran itu dilakukan sebagai antisipasi adanya penyerangan dari anggota OPM yang kerap terjadi guna menunjukkan eksistensi. 

Awi mengaku, sampai saat ini masih menyusun jumlah personel dan awal pelaksanaan operasi. "Kami bersama TNI yang akan melaksanakan patroli besar terkait dengan mengantisipasi, mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/11).

Menurut Awi, TNI dan Polri juga akan melakukan pendekatan persuasif kepada tokoh-tokoh masyarakat, agama, dan kepala suku. Dengan begitu, pendekatan kepada masyarakat secra menyeluruh akan lebih mudah dilakukan.

Sponsored

"Sehingga masyarakat di sana bisa secara kondusif melaksanakan kehidupan sehari-hari di bawah naungan NKRI," ucap Awi. 

Awi pun mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perayaan apapun pada 1 Desember 2020. Dengan demikian, kemungkinan adanya korban atas ulah OPM akan lebih dapat dicegah.

"Rekan-rekan di Papua, diharapkan tidak menggelar HUT itu. Polri dan TNI akan terus melakukan patroli besar-besaran agar tidak terjadi gangguan Kamtibmas di sana," tutur Awi.

Berita Lainnya