sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jenazah BJ Habibie diberangkatkan ke TMP Kalibata

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dalam sambutannya berharap keluarga Habibie tabah, tawakal dan ikhlas.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Kamis, 12 Sep 2019 12:59 WIB
Jenazah BJ Habibie diberangkatkan ke TMP Kalibata

Jasad mendiang Presiden Republik Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie telah dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Jasad Habibie dibawa setelah sebelumnya dilakukan salat dan prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke pemerintah. Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman menjadi wakil dari pihak pemerintah, sementara pihak keluarga diwakili oleh putra mendiang Habibie, Thareq Kemal Habibie.

Dari pantauan Alinea.id, prosesi penyerahan jenazah itu dipimpin oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman pada pukul 12:31 WIB. Dalam sambutannya, Anwar menyampaikan belasungkawanya atas kepergian mendiang BJ Habibie dan mengajak masyarakat memanjatkan doa kepada Presiden Republik Indonesia ketiga itu.

"Semoga dosa almarhum Profesor Habibie dapat diampuni, dan segala amal baktinya dapat diterima oleh Allah SWT," kata Usman.

Sponsored

Selain itu, Usman juga berharap keluarga yang ditinggalkan tabah, tawakal, serta ikhlas. Sebagai umat muslim, sambungnya, kepergian itu merupakan suatu ketentuan Allah SWT yang tak dapat dihindarkan.

"Dengan diserahkannya jenazah almarhum Profesor BJ Habibie, untuk selanjutnya jenazah akan saya berangkatkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk dimakamkan secara militer," pungkas Usman.

Proses upacara penyerahan jasad mendiang Habibie dari pihak keluarga ke pemerintah telah berakhir pukul 12.46 WIB. Mobil ambulance pembawa jasad Presiden Republik Indonesia ketiga itu telah menuju TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Rabu, 20 Nov 2019 19:35 WIB
Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Selasa, 19 Nov 2019 21:07 WIB