sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi pilih Listyo sebagai Kapolri, WP KPK: Pilihan tepat

Apabila Listyo resmi menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri, Yudi meyakini, Korps Bhayangkara bisa lebih maju.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Rabu, 13 Jan 2021 14:51 WIB
Jokowi pilih Listyo sebagai Kapolri, WP KPK: Pilihan tepat

Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK), Yudi Purnomo Harahap, mengatakan, sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk calon tunggal Kapolri Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo pilihan yang tepat. Menurutnya, Listyo dikenal sebagai sosok polisi yang reformis dan profesional.

"Salah satu buktinya adalah ketika menjabat sebagai Kabareskrim beliau sukses dalam menangani kasus-kasus korupsi besar," ujarnya secara tertulis, Rabu (13/1).

Apabila Listyo resmi menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri, Yudi meyakini, Korps Bhayangkara bisa lebih maju.

"Kami berharap bahwa kerja sama Polri dan KPK semakin baik dalam upaya bersama mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi," jelasnya.

Sponsored

Sebelumnya, DPR telah menerima surat presiden atau surpres terkait usulan calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun 1 Februari 2021. Diketahui, Presiden Jokowi mengusulkan calon tunggal, yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Pada hari, kami telah menerima surpres dari presiden. Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," kata Ketua DPR Puan Maharani.

Sementara Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni menyebut, surpres calon Kapolri akan dibawa dan dibahas oleh Badan Musyawarah DPR. Dia menyampaikan, pihaknya baru akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test pada pekan depan. "Minggu depan (fit and proper test)," ucapnya singkat.

Berita Lainnya