sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi: Saya manusia biasa, penuh kekhilafan

Jokowi menyampaikan terima kasih dan permintaan maaf kepada Wapres JK dan para menteri yang membantunya di Kabinet Kerja.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Jumat, 18 Okt 2019 17:40 WIB
Jokowi: Saya manusia biasa, penuh kekhilafan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Presiden Joko Widodo melakukan silaturahmi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri Kabinet Kerja, di hari terakhir jabatan mereka. Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada JK dan para menteri, yang telah membantunya selama lima tahun.

“Ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Wakil Presiden beserta Ibu telah bersama-sama dengan kami, dengan kita semua, kerja keras untuk negara ini atas amanah yang diberikan kepada kami berdua selama 2014-2019 ini,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10).

Ucapan yang sama disampaikan Jokowi kepada seluruh jajaran Kabinet Kerja. Ia juga menyampaikan permintaan maaf kepada mereka, atas ketidaknyamanan yang timbul selama menduduki posisi masing-masing.

Jokowi mengaku kerap kali menelepon para menterinya hingga larut malam, sehingga mengganggu kenyamanan mereka beristirahat. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk memenuhi tuntutan pengabdian pada negara.

“Saya mohon maaf sebesar-besarnya apabila pergaulan sehari-hari dalam saya memberi perintah, memberi instruksi, tidak berkenan. Saya manusia biasa, penuh kekhilafan, kekurangan, ketidaktahuan, sehingga banyak hal yang dalam kita berinteraksi, bergaul, ada yang kurang berkenan,” katanya.

Jokowi mengaku sangat berterima kasih dan terbantu, atas dukungan pemikiran dan gagasan para pembantunya dalam lima tahun terakhir.

Wapres JK mengatakan, pengalamannya mendampingi Jokowi di pemerintahan menjadi bagian perjalanan hidup yang menarik. Menurutnya, seluruh aktivitas yang dijalani dalam menunaikan tugas mendampingi Jokowi penuh dengan hal-hal menarik. Dia mengatakan, sekadar jalan bersama Jokowi, melakukan rapat, mengatasi kesulitan, atau menyukuri kebaikan bersama Jokowi, semuanya menarik.

“Apakah kesulitan atau kebaikan semua menarik, tidak ada yang kurang menarik dibanding yang lain,” katanya.

Sponsored

Seperti Jokowi, JK juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para menteri yang membantunya selama ini. Ia pun menyampaikan permintaan maaf atas segala kekurangan yang ia lakukan selama menjabat. 

Selain itu, JK juga mengucapkan selamat bekerja kepada para menteri yang akan melanjutkan pekerjaan di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

“Bagi teman-teman yang akan mengemban tugas bersama Bapak Presiden lagi, saya sampaikan selamat bekerja. Semoga semuanya sukses, kita doakan. Bagi teman-teman yang ikut sama saya, artinya istirahat, kita lanjutkan mendukung memberi pandangan dan juga harapan kepada Presiden dengan tim yang akan datang,” katanya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap, masa kepemimpinan Presiden Jokowi periode kedua nanti akan membawa Indonesia semakin maju. Menurutnya, pengalaman berada di Kabinet Kerja telah memberi kesempatan untuk mengabdi dan berbakti kepada negara. 

"Ini adalah pengalaman berharga bagi kami secara pribadi dan kami harap apa yang bisa kami lakukan, kami berikan kepada negeri ini bisa memperbaiki negeri ini," katanya.

Sri Mulyani juga menyampaikan permohonan maaf jika selama menjabat menteri ada kesalahan dan kekurangan.

"Kami mohon maaf, mungkin suka nakal, suka ndablek, suka gak ngerti, suka terlambat. Pasti kan sebagai manusia biasa mohon maaf kalo kami belum bisa memuaskan," katanya. (Ant)

Berita Lainnya