close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi - Arus lalu lintas jalan Tol Jakarta-Cikampek. Dok: Antara

Kapolri pantau jalur mudik: One way kendaraan lancar

Pemantauan dilakukan dari jalur mudik dari Jakarta menuju Timur.
swipe

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memantau arus mudik lebaran melalui udara menggunakan helikopter, Jumat (29/4). Pemantauan dilakukan dari jalur mudik dari Jakarta menuju Timur.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, dari hasil pantauan udara jalur Jakarta-Cikampek KM 72, one way kendaraan lancar. Titik tersebut terihat dari arah Cirebon sampai Kalikangkung.

"Cirebon sampai dengan Kalikangkung terpantau lancar," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/4).

Besok, Sabtu (30/4) pukul 08.00 WIB arah Jawa Tengah dan Jawa Barat ke arah Jakarta akan diberlakukan normalisasi kembali sampai dengan pukul 16.00 WIB. Hal ini dilakukan guna kembali memberlakukan one way pada pukul 17.00 WIB.

"Akan kembali diberlakukan one way dari KM 47 sampai dengan KM 414 Kalikangkung sampai pukul 08.00 WIB pada 1 Mei," katanya.

Hasil analisa data arus kendaraan di command center Jasa Marga menunjukan, arus kendaraan masih di atas 5.000 lebih per jam. Adapun waktu-waktu peningkatan arus kendaraan diantara pukul 20.00 WIB sampai dengan 07.00 WIB. 

"Dari data jumlah kendaraan yang masih di Jakarta sebanyak 211.000 lebih dalam waktu 3 hari ini yang akan melaksanakan mudik. Sehingga diputuskan untuk pelaksanaan one way dari KM 47 sampai dengan KM 414 Kalikangkung yang semula hanya diberlakukan sampai pukul 24.00 WIB, akan diperpanjang sampai dengan pukul 08.00 WIB," ujarnya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meniadakan kebijakan one way di Tol Jakarta-CIkampek Jumat (29/4) malam. Selain one way, ganjil genap juga tidak berjalan dan akan diterapkan secara situasional.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, para pemudik dari Bandung yang akan menuju Jakarta bisa melintasi jalan dengan normal. Polisi tidak akan melakukan pengalihan ke jalan arteri.

"Malam ini, one way tidak dilaksanakan atau ditiadakan," kata Sambodo kepada wartawan, Jumat (29/4).

Sebagai ganti kebijakan tersebut, pihaknya menerapkan contraflow atau lawan arah. Kebijakan itu akan diterapkan dari km 47 sampai 72 Gerbang Tol CIkampek Utama.

"Diganti dengan sistem contraflow dari km 47 sama 72 (GT Cikampek Utama),” ucap Sambodo.

Kapolri pantau jalur mudik: One way kendaraan lancar
Jumat, 29 April 2022 18:41
Artikel ditulis oleh
img
Immanuel Christian
Reporter
img
Hermansah
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan