sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wapres tegaskan kedatangan presiden ke Ukraina sesuai pembukaan UUD 1945

Ma’ruf Amin jelaskan bahwa kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia untuk jalani misi perdamaian dunia.

 Hasbie Ibnu Harris
Hasbie Ibnu Harris Rabu, 29 Jun 2022 17:39 WIB
Wapres tegaskan kedatangan presiden ke Ukraina sesuai pembukaan UUD 1945

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan, kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia untuk menjalankan misi perdamaian dunia. Mengingat saat ini, kedua negara Ukraina dan Rusia sedang dalam masa perang.

"Kunjungan presiden ke Ukraina dan Rusia adalah perjalanan penting dan bersejarah buat pemerintah Indonesia. Kita berdoa semoga perjalanan presiden selamat dan sukses menjalankan misi perdamaian," ujar Wapres dalam konferensi pers yang dipantau secara daring, Rabu (29/6).

Wapres mengatakan, kunjungan presiden kali Ini juga menandakan bahwa prinsip Indonesia sebagai negara yang selalu menjunjung tinggi terciptanya perdamaian di dunia

"Sebagaimana misi yang diemban dalam pembukaan UUD 1945, dan dilaksanakan secara konsisten oleh Pemerintah Indonesia," kata Wapres.

"Sekali lagi, Semoga kunjungan presiden membawa hasil untuk terciptanya perdamaian antara kedua negara, Ukraina dan Rusia, yang sedang berkonflik dan menjadi awal terciptanya pembangunan ekonomi dunia yang stabil di masa yang akan datang," tegas Wapres.

Selama Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara termasuk Ukraina dan Rusia maka pemerintah Indonesia akan dipimpin Wapres Ma'ruf Amin.

Sementara, mengawali agendanya di Ukraina, Rabu (29/6), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina.

Presiden dan Ibu Iriana didampingi oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin saat melihat puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang.

Sponsored

“Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ucap Presiden Jokowi usai peninjauan, seperti dilansir dari setkab.go.id.

Presiden berharap agar perang bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

“Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” ujar Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat meninjau Kota Irpin yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Berita Lainnya

Google suntik mati YouTube Go, ada apa?

Minggu, 14 Agst 2022 13:16 WIB

, : WIB

, : WIB

, : WIB
×
tekid