sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ketua DPRD yakin pengesahan APBD DKI 2020 tepat waktu

Optimisme Prasetio disebabkan penandatangan MoU KUA-PPAS dapat disahkan sehari lebih cepat.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Kamis, 28 Nov 2019 22:09 WIB
Ketua DPRD yakin pengesahan APBD DKI 2020 tepat waktu
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 23851
Dirawat 16321
Meninggal 1473
Sembuh 6057

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi optimistis rancangan peraturan daerah (Raperda) anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI 2020 dapat disahkan sesuai jadwal, yakni pada 11 Desember 2019. Hal ini lantaran pembahasan KUA-PPAS telah selesai dilakukan.

"Ya, lihat saja nanti," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Kamis (28/11).

Optimisme Prasetio disebabkan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara atau KUA-PPAS DKI 2020, dilakukan satu hari lebih cepat dari yang dijadwalkan. 

MoU tersebut diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan para pimpinan DPRD DKI Jakarta, dalam rapat paripurna yang berlangsung hari ini. Adapun total KUA-PPAS DKI 2020 yang sudah disahkan senilai Rp87,95 triliun.

"Tinggal besok mereka (Pemprov DKI) mengisi komponen-komponen anggaran (e-budgeting). Kemudian dilanjutkan rapat paripurna Senin," katanya.

Berdasarkan jadwal yang telah disepakati dalam rapat Badan Musyawarah DPRD DKI, pembahasan APBD DKI 2020 akan dimulai pada Senin (2/12). Gubernur Anies akan menyampaikan pidato penyampaian Raperda tentang APBD DKI 2020 dalam rapat tersebut. Setelah itu, fraksi-fraksi DPRD DKI akan menyusun pemandangan umum atas pidato tersebut.

Pemandangan umum tersebut akan disampaikan dalam rapat paripurna yang berlangsung keesokan harinya. Pihak eksekutif akan menyusun pidato jawaban Gubernur Anies atas pemandangan umum fraksi-fraksi di hari yang sama. 

Pada Rabu (4/12), rapat paripurna digelar dengan agenda penyampaian jawaban gubernur yang telah disusun. Hari itu juga akan berlangsung rapat kerja komisi-komisi dengan SKPD DKI, untuk melakukan pembahasan dan pendalaman terhadap Raperda APBD DKI 2020. Pembahasan dan pendalaman akan berlangsung hingga Senin (9/12).

Sponsored

Keesokan harinya, akan digelar rapat kerja Banggar bersama (tim anggaran pemerintah daerah) TAPD untuk membahas dan merumuskan Raperda APBD DKI 2020. Kemudian ada rapat gabungan pimpinan DPRD bersama pimpinan dan anggota Banggar serta TAPD, untuk melakukan penelitian akhir dan persetujuan Raperda tentang APBD DKI 2020. 

Terakhir, pada Rabu (11/12), digelar rapat paripurna untuk penyampaian laporan Banggar DPRD dan pengesahan Raperda tentang APBD DKI 2020.

Berita Lainnya