sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Khilafatul Muslimin Surabaya Raya deklarasikan setia pada Pancasila dan NKRI

Kegiatan deklarasi kebangsaan ini turut dihadiri oleh Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, serta jajaran Forkopimda Kota Surabaya.

Gempita Surya
Gempita Surya Kamis, 30 Jun 2022 21:41 WIB
Khilafatul Muslimin Surabaya Raya deklarasikan setia pada Pancasila dan NKRI

Organisasi keagamaan Khilafatul Muslimin di Surabaya Raya melakukan deklarasi kebangsaan untuk setia pada Pancasila dan NKRI. Deklarasi ini dilakukan oleh 52 anggota Khilafatul Muslimin di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Kamis (30/6).

Pada kesempatan tersebut turut hadir Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta. Nico mengatakan, masyarakat perlu mengedepankan gotong royong melalui peran masing-masing.

Nico menyebut, Khilafatul Muslimin Surabaya Raya sudah menyepakati bahwa Pancasila menjadi bagian dasar dari organisasi mereka.

"Sekarang ini adalah waktunya gotong royong. Karena musyawarah mufakat sudah dilakukan, jadi kita gotong royong mari mengisi masing-masing dengan komponen yang ada, dengan semua sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur," ujar Nico. 

Lebih lanjut, deklarasi ini diharapkan dapat membawa hal positif bagi masyarakat.

"Mudah-mudahan kedepan gotong royong yang kita laksanakan bisa membawa hal yang lebih baik untuk bangsa dan negara ini, khususnya di Jawa Timur dan Surabaya," jelasnya.

Forkopimda Jawa Timur Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto turut mengapresiasi langkah Khilafatul Muslimin Surabaya Raya untuk melakukan deklarasi kebangsaan. Ia menyebut kegiatan tersebut sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kegiatan deklarasi kebangsaan Khilafatul Muslimin Surabaya Raya dilaksanakan dengan penuh rasa kesadaran dan keikhlasan. Hal tersebut merupakan wujud dari keutuhan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika," katanya.

Sponsored

Sementara, Asisten I Setda Provinsi Jawa Timur Benny Sampirwanto menyatakan, kegiatan ini merupakan upaya pembinaan oleh pemerintah untuk menjaga dan mencintai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Menurutnya, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak dalam menjaga keutuhan bangsa ke depannya.

"Dalam menghadapi tantangan ke depan, kita perlu bersama-sama dan berkolaborasi untuk menjaga keutuhan NKRI," terangnya.

Benny berharap, Khilafatul Muslimin Surabaya Raya dapat konsisten menjalankan janji yang telah disampaikan.

Kegiatan deklarasi kebangsaan ini turut dihadiri oleh Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, serta jajaran Forkopimda Kota Surabaya.

Selain itu, hadir pula jajaran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Timur, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid