logo alinea.id logo alinea.id

Kronologi kecelakaan Bupati Demak

Kecelakaan yang menimpa Bupati Demak tidak akan menggangu pelayanan publik di Kabupaten Demak.

Mona Tobing
Mona Tobing Senin, 04 Mar 2019 10:17 WIB
Kronologi kecelakaan Bupati Demak

Bupati Demak  Muhammad Natsir mengalami kecelakaan di Tol KM 349 Kandeman, Kabupaten Batang pada Minggu (3/3) pagi.

Mobil Toyota Inova berpelat nomor polisi H-9507-PN yang ditumpangi mengalami kecelakaan di Tol KM 349 Kandeman, Kabupaten Batang yang mengakibatkan seorang meninggal dunia dan tiga korban lainnya mengalami luka-luka. 

Meski begitu, pelayanan publik di Kabupaten Demak tetap berjalan normal. Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Sinung Setyonoini memastikan kalau kecelakaan yang menimpa Bupati Demak tidak akan mengganggu pelayanan publik di Pemerintahan Kabupaten Demak.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kalisari Kabupaten Batang Bekti menjelaskan, Bupati Demak Natsir mengalami luka pada kelingking dan tulang pinggul sehingga perlu perawatan yang harus dibawa ke RSUP dr. Kariadi. 

Salah satu ajudan Bupati Demak yang mengalami luka-luka juga dirujuk ke RSUD Demak agar lebih dekat dengan keluarganya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Ferdy Kastalani mengatakan polisi telah mengamankan truk tronton yang ditabrak oleh pengemudi mobil Innova yang ditumpangi Bupati Demak dan ajudan bupati.

"Kami bekerja sama dengan Polres Kendal mengamankan truk tronton yang sempat kabur itu di wilayah Weleri," kata Ferdy. 

Kasus kecelakaan tersebut berawal saat mobil yang dikemudikan oleh Ali Ashari (35) dengan membawa tiga penumpang, yaitu Bupati Demak dan dua ajudan bupati melaju dari arah barat (Bandung) menuju ke arah timur (Demak).

Sponsored

Pengemudi mobil Kijang Innova berusaha menyalip mobil yang berada di depan dari arah sebelah kiri. Namun, saat bersamaan melaju truk tronton yang belum diketahui identitasnya sehingga tabrakan pun tidak dapat dihindarkan.

"Kami masih selidiki kasus kecelakaan ini, termasuk mengecek keberadaan maupun identitas truk tronton yang ditabrak itu. Adapun para korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalisari Batang," kata AKP Ferdy. 

Ia menyebutkan tiga korban yang mengalami luka-luka, yaitu Bupati Demak Mohammad Nasir, ajudan Bupati Demak Wijaya, dan pengemudi Kijang Inova Ali Ashari. Adapun korban meninggal dunia bernama Febri Dien Terial.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji menyampaikan ucapan dukacita terhadap kasus kecelakaan yang menimpa Bupati Demak bersama penumpang lainnya.

"Yang namanya kecelakaan kita tidak tahu dan kebetulan kecelakaan ini menimpa pada Bupati Demak sehingga kami memerintahkan kepada pihak RSUD agar memberikan pelayanan yang baik. Alhamdulillah Pak Bupati Demak hanya mengalami luka ringan," katanya.

Pengamat transportasi Universitas Soegijapranata, Djoko Setijowarno menilai perlu adanya edukasi kepada pengemudi di jalan tol terkait banyaknya kecelakaan di jalan tol saat awal beroperasi, seperti Tol Cipali dan Tol Trans-Jawa.

Meskipun rambu batas kecepatan maksimal dan minimal telah terpasang namun tidak serta merta membuat pengemudi mematuhinya.

"Bahkan dengan bangganya, pengguna tol bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Seolah jalan tol sirkuit balapan mobil," katanya. (Ant)