sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lantik Gus Ipul jadi wali kota, Khofifah: Layak jadi mentor

Gubernur Jatim lantik sejumlah bupati dan wali kota dalam dua sesi.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Jumat, 26 Feb 2021 15:57 WIB
Lantik Gus Ipul jadi wali kota, Khofifah: Layak jadi mentor

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa resmi melantik Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang juga mantan Wakil Gubernur Jatim dua periode. Dalam sambutannya, Khofifah menyebut Gus Ipul layak jadi mentor bagi para bupati dan wali kota di Jawa Timur.

"Gus Ipul ini layak jadi mentor untuk semua bupati dan wali kota karena berpengalaman," ucap Khofifah pada pelantikan kepala daerah terpilih sesi kedua, Jumat (26/2).

Selain Saifullah Yusuf dan wakilnya Adi Wibowo, Khofifah juga melantik Bupati Blitar Rini Syarifah dan wakilnya Rahmat Santoso, serta Wali Kota Blitar Santoso dan wakilnya Tjutjuk Sunario.

Berikutnya adalah Bupati Mojokerto Ikfina Rahmawati dan wakilnya Muhammad Albarra, Bupati Malang Sanusi dan wakilnya Didik Gatot Subroto, serta Bupati Jember Hendy Siswanto dan wakilnya Muhammad Balya Firjaun Balmaran.

"Saya minta pada Bupati dan Wali Kota bisa segera menyelesaikan RAPBD dan juga membuat peraturan terkait dana desa," lanjut Khofifah melansir Kominfo Jatim.

Mantan Menteri Sosial itu juga berharap agar mereka lebih waspada terhadap potensi bencana. Terutama wilayah pegunungan dan pesisir Selatan Jatim yang rawan terjadi bencana banjir dan longsor.

Pada pelantikan sesi pertama, Gubernur Jatim melantik enam bupati dan wakil bupati terpilih, yakni Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin dan Syah M. Natanegara, Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Lisdyarita, serta Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Khoirani.

Selanjutnya adalah Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah, Bupati dan Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono dan Dwi Rianto Jatmiko, serta Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dan Sugiri.

Sponsored
Berita Lainnya