sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menhub: Perlu ada tes psikologi untuk pilot

Tes tersebut ditujukan guna meminimalisir kecelakaan transportasi udara.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 25 Jan 2021 17:43 WIB
Menhub: Perlu ada tes psikologi untuk pilot

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan agar dilakukan uji psikologi bagi para pilot. Tes tersebut ditujukan guna meminimalisir kecelakaan transportasi udara.

"Kami siap untuk memerhatikan keselamatan. Saya sudah sampaikan kepada Dirjen Udara, bahwa pilot harus ada tes psikologi secara khusus," kata Budi, dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, yang disiarkan secara virtual, Senin (25/1).

Kendati demikian, Budi Karya meminta kepada anak buahnya menyiapkan skema dan bekerja sama dengan institusi profesional guna melakukan uji psikologi bagi para pikot tersebut.

Sebagai informasi, transportasi udara tanah air mendapat sorotan lantaran terjadi insiden kecelakaan pada awal tahu ini. Teranyar, Sriwijaya dengan nomor penerbangan SJY-182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan mengalami kecelakaan pada Sabtu (9/1).

Sponsored

Setidaknya, sudah 49 jenazah yang berhasil diidentifikasi oleh Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri. Dari 49 korban yang telah teridentifikasi, 40 jenazah di antaranya telah diserahkan kepada pihak keluarga. Sementara itu, Jasa Raharja telah memberikan santunan kepada 39 ahli waris korban hingga Rabu (20/1).

Berita Lainnya

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB