sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

MUI sebut Khilafatul Muslimin bukan bagian dari ahlussunah

Label ahlussunah hanya dijadikan tameng, sama seperti dilakukan kelompok lain semisal salafi-wahabi saat ini.

Hermansah
Hermansah Kamis, 16 Jun 2022 07:22 WIB
MUI sebut Khilafatul Muslimin bukan bagian dari ahlussunah

Sebagai respons atas mencuatnya organisasi Khilafatul Muslimin yang dipimpin Abdul Qadir Hasan Baraja, Pengurus harian dan anggota Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme (BPET) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makmun Rasyid, membeberkan bahwa Khilafatul Muslimin bukan bagian dari ahlussunah.

“Saya membantah bahwa ideologi yang dianut Hasan Baraja (pemimpin Khilafatul Muslimin) ini adalah Islam Ahlussunah wal Jamaah,” ungkapnya, seperti dilansir dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia.

Menurutnya label ahlussunah hanya dijadikan tameng, sama seperti dilakukan kelompok lain semisal salafi-wahabi saat ini.

Padahal, papar pengarang buku Gagal Paham Khilafah itu, banyak perilaku organisasi Khilafatul Muslimin yang mencirikan kelompok tersebut bukan Ahlussunah. Di antaranya taqiyah, alias penyamaran yang lebih mirip perilaku syiah. Karena organisasi ini berkedok mengakui Pancasila, padahal pada praktiknya, organisasi Khilafatul Muslimin mustahil mengakui Pancasila.

Sponsored

“Dia (Khilafatul Muslimin) sama saja seperti Hizbut Tahrir (HT), mana yang menurutnya penting itulah (ideologi) yang diambil, selama itu menguntungkan bagi kelompok atau personalnya masing-masing,” kata dia.

Dia juga menguak fakta bahwa organisasi ini sedari awal memang bertujuan mendirikan negara di dalam negara. Hal ini menunjukkan bahwa Khilafatul Muslimin anti-Pancasila.

“Cita-cita mereka ini adalah mendirikan negara di dalam negara. Kalau sudah sistemnya Khilafah Islamiyah, itu tidak mungkin ideologinya Pancasila,” ujarnya.

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid