sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Nadiem: Banyak hikmah dari pandemi Covid-19

Kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan di mana saja, misalnya.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Sabtu, 02 Mei 2020 16:56 WIB
Nadiem: Banyak hikmah dari pandemi Covid-19

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makariem, menyatakan, banyak hikmah dari pandemi coronavirus anyar (Covid-19). Kegiatan belajar mengajar (KBM) dari mana saja, misalnya.

"Untuk pertama kalinya guru-guru menggunakan perangkat baru dan menyadari sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di mana pun," katanya saat memberikan sambutan pada Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5).

Orang tua, tambah dia, juga untuk kali pertama menyadari sulitnya guru mengajar anak secara efektif. Kemudian, menimbulkan empati kepada pengajar yang sebelumnya mungkin tidak ada.

Sehingga, guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari, pendidikan bukan sesuatu yang bisa dilakukan di sekolah saja.

Sponsored

"Tetapi, pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga hal ini, guru, siswa, dan orang tua. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi," jelasnya.

Nadiem mengatakan, timbulnya empati dan solidaritas di tengah pandemi merupakan pembelajaran yang harus dikembangkan. Bukan hanya di masa krisis.

"Belajar memang tidak selalu mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen. Inilah saatnya kita mendengarkan dan bangsa yang lebih baik di masa depan," tutupnya.

Berita Lainnya