sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Nelayan Pantura akan berlayar ke Natuna hari ini

Mereka bakal dikawal Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Selasa, 10 Mar 2020 06:24 WIB
Nelayan Pantura akan berlayar ke Natuna hari ini
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 135123
Dirawat 39290
Meninggal 6021
Sembuh 89618

Sebanyak 29 kapal nelayan asal Pantai Utara (Pantura) Jawa akan berlayar ke Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, hari ini (Selasa, 10/3). Mereka akan mencari ikan di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

"Tiga puluh (kapal) sebenarnya. Satu sedang perbaikan. Kapal besar yang bisa melaut mencari ikan ke tengah, ke ZEE," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, di kantornya, Jakarta, Senin (9/3).

Kebijakan tersebut, diklaim sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Agar menjaga kedaulatan di ZEE Indonesia dengan kegiatan ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Kapal-kapal nelayan bakal dikawal Badan Keamanan Laut (Bakamla). Kepolisian perairan (polair), Bea Cukai, TNI Angkatan Laut (AL), serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pun akan menjaga perairan Natuna.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini melanjutkan, kedatangan nelayan Pantura sudah dikomunikasikan dengan penduduk setempat. Disebut telah didukung.

"Dan disepakati bahwa, hasil tangkap ikan di ZEE itu nanti akan dijual di Selat Lampah. Di pasar yang ada di Natuna Utara itu," ucap dia.

Secara bertahap, tambah Mahfud, para nelayan Natuna diusahakan mempunyai kapal-kapal besar juga. Sehingga, bisa melaut hingga ke kawasan ZEE.

"Kapal-kapal yang dari Jawa, dari Pantura, tentu akan bekerja sama dengan penduduk setempat. Untuk sama-sama membangun Indonesia dengan saling menguntungkan dan saling melindungi," tutupnya.

Sponsored
Berita Lainnya