sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pasukan Brimob dari Gorontalo dan Maluku diperbantukan ke Timika

Masa tugas anggota Brimob sebanyak 200 orang tersebut selama 11 hari. Perpanjangan tugas tergantung situasi di lapangan.

Tito Dirhantoro
Tito Dirhantoro Kamis, 22 Agst 2019 09:14 WIB
Pasukan Brimob dari Gorontalo dan Maluku diperbantukan ke Timika
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Sebanyak dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) pasukan Brimob Satgas Amanusa perbantuan dari Polda Maluku Utara dan Polda Gorontalo diterjunkan ke Kota Timika, Papua. Mereka tiba pada Kamis (22/8) pagi dengan kekuatan 200 personel. 

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto, mengatakan kedatangan dua SSK Brimob dari Maluku dan Gorontalo tersebut untuk membantu pemulihan situasi keamanan di Timika. Di wilayah ini, unjuk rasa warga, Rabu (21/8) kemarin, berakhir rusuh.

“Kedatangan rekan-rekan Brimob dan Polda Maluku Utara dan Polda Gorontalo untuk membantu Polres Mimika dengan lama penugasan selama 11 hari. Namun, nantinya tergantung perkembangan situasi ke depan,” kata Agung.

Pasukan Brimob perbantuan dari Maluku dan Gorontalo tersebut tiba di Timika menggunakan pesawat Lion Air dari Makassar. Setelah tiba di Bandara baru Mozes Kilangin, pasukan tersebut menuju Kantor Pelayanan Polres Mimika. Untuk selanjutnya akan ditempatkan pada sejumlah titik strategis maupun rawan di sekitar Kota Timika.

Sponsored

Kapolres Agung mengatakan, situasi kamtibmas di Kota Timika sejak Rabu petang sekitar pukul 15.00 WIT sudah aman dan terkendali sepenuhnya. Sejak Rabu malam hingga Kamis pagi, aparat gabungan TNI dan Polri menggelar patroli ke semua sudut Kota Timika guna memberikan jaminan rasa aman kepada warga.

"Kami mengimbau warga Timika untuk kembali menjalankan aktivitas seperti biasa. Pertokoan, warung, rumah makan, pusat perbelanjaan, kantor-kantor, sekolah-sekolah silakan membuka kembali usaha dan kegiatan mereka," ujar Agung.

Adapun sejumlah obyek vital yang masih ditempati oleh aparat gabungan Polri dan TNI di Kota Timika seperti Kantor DPRD Mimika, Kantor Pusat Pemerintahan, Rumah Jabatan Bupati Mimika, Kantor BPJS Ketenagakerjaan, kediaman pribadi Bupati Eltinus Omaleng dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Timika. (Ant)

Berita Lainnya