sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pemerintah dan DPR sepakat beasiswa LPDP dipangkas Rp2 triliun

Pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) DPR sepakat memangkas anggaran untuk pengelola beasiswa LPDP sebesar Rp2 triliun.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Kamis, 20 Sep 2018 23:14 WIB
Pemerintah dan DPR sepakat beasiswa LPDP dipangkas Rp2 triliun

Pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) DPR sepakat memangkas anggaran untuk pengelola beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2019 sebesar Rp2 triliun.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, anggaran untuk LPDP yang semula Rp20 triliun dipangkas menjadi hanya Rp18 triliun.

Menurutnya, anggaran Rp20 triliun tersebut merupakan mandat dari pemerintah, untuk menganggarkan 20% dana pendidikan dari total anggaran belanja pemerintah. 

Kemudian, pengurangan dana dari LPDP sebesar Rp2 triliun tersebut akan diperuntukkan untuk pendidikan Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol). 

"PMN (penyertaan modal negara) sebesar Rp20 triliun sesungguhnya bagian dari dana pendidikan sesuai amanat konstitusi 20% dari anggaran belanja negara. Maka idealnya penurunann Rp2 triliun dari anggaran LPDP dapat di alokasikan juga buat anggaran pendidikan. Sehingga kalau dialokasikan buat Akmil dan Akpol 20% tidak berkurang," papar Suahasil di ruang rapat Banggar DPR, Kamis (20/9).

Anggota Banggar DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Daniel Lumban Tobing mengamini hal tersebut. Sebab, menurut dia, lulusan dari Akmil dan Akpol nantinya dibutuhkan oleh negara. 

"Saya berharap bahwa masa depan bangsa kita ini salah satunya di Akmil dan Akpol agar diperhatikan. Karena mereka penjaga NKRI. Saya harap diberikan bagiannya dari LPDP," papar Danie pada kesempatan yang sama. 

Secara keseluruhan, anggaran pendidikan dalam RAPBN 2019 sebesar Rp487,9 triliun. Angka tersebut lebih tinggi 7% dibandingkan dengan target APBN 2018 sebesar Rp434,6 triliun. 

Sponsored

Adapun, LPDP merupakan instansi pemerintah yang menerapkan pola keuangan Badan Layanan Umum (BLU). Lembaga ini memiliki tiga program yang dibiayai dari APBN, yakni Beasiswa Pendidikan Indonesia, Riset Pembangunan Indonesia, dan Rehabilitasi Fasilitas Pendidikan. 

Hingga 1 Agustus 2018, LPDP telah memberikan layanan kepada 18.466 penerima beasiswa, 3.221 awardee afirmasi, mencetak 5.926 alumni, dan mendanai 124 riset.

Berita Lainnya