sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkab Gresik launching Gresikpedia dan Gresik Akas 112

Program yang digawangi Diskominfo Gresik ini, diharapkan memberikan pelayanan informasi publik yang dibutuhkan melalui platform online.

Tri Kurniawan
Tri Kurniawan Kamis, 01 Apr 2021 15:47 WIB
Pemkab Gresik launching Gresikpedia dan Gresik Akas 112
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pemerintah Kabupaten Gresik semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan dan informasi. Untuk itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Aminatun Habibah, serta Forkopimda meluncurkan aplikasi Gresikpedia dan Gresik Akas Call Center 112, Rabu (31/3) di Pendopo Kabupaten Gresik.

Program yang digawangi Diskominfo Gresik ini, diharapkan menjadi upaya pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat melalui platform online.

Kini, dengan mudah warga Gresik bisa mengirim laporan pengaduan melalui gawai. Cukup dengan mengunduh aplikasi Gresikpedia dan sambungan seluler Gresik Akas 112 bebas pulsa.

Aplikasi ini sendiri merupakan bagian dari program kerja 99 hari Nawa Karsa Bupati Gresik. Mengusung semangat perubahan pemerintahan 'Gresik Baru', Gus Yani ingin, digitalisasi menjadi sarana untuk lebih dekat dengan masyarakat. 

"Kami yakin Gresik smart city akan kami wujudkan. Sebentar lagi kami akan kumpulkan seluruh dinas, akan saya datangi satu persatu. Kami harus punya target, ketika ada kontak 112 langsung responsif. Ini harus cek langsung tidak hanya selesai di seremonial," tegasnya.

Menurut Kepala Diskominfo Gresik Budi Raharjo, secara infrastruktur, teknologi informasi, khususnya data storage, cloud computing atau virtual machine milik pemkab belum memadai untuk mendukung sistem aplikasi Gresikpedia. Untuk itu, Diskominfo Gresik menggandeng PT Indonesia Indikator dalam mengembangkan aplikasi yang bisa diunduh melalui android ini.

Diterangkan Budi, pemkab terus berkolaborasi dengan berbagai komunitas untuk mengembangkan aplikasi ini sebagai media sinkronisasi data dan integrasi sistem informasi menuju sistem satu data rujukan.

"Ini merupakan one data, one portal, and open access seperti arahan dan program Nawa Karsa Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah," pungkasnya.

Sponsored

Aplikasi Gresikpedia memiliki konten lokal dari sisi tampilan, yang menonjolkan ciri khas Kabupaten Gresik, seperti “Poedak”, “Akas 112”, dan lain-lain, yang akan dikembangkan sesuai kebutuhan dan kapasitas sistem tata kelola administrasi di Pemkab Gresik.
 

Berita Lainnya