sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemprov Jabar akan gelar vaksinasi Covid-19 di Depok

Sebanyak 9,1 juta warga Indonesia diklaim akan mengikuti vaksinasi pada November-Desember 2020.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 20 Okt 2020 11:21 WIB
Pemprov Jabar akan gelar vaksinasi Covid-19 di Depok
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 527.999
Dirawat 66.752
Meninggal 16.646
Sembuh 441.983

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan mengadakan simulasi vaksinasi coronavirus baru (Covid-19) di Kota Depok pada pekan ini. Kebijakan ini dalam rangka merespons masuknya vaksin tahap pertama, Sinovac Biotech, Sinopharm, dan CanSino Biological, yang dibeli pemerintah pusat. 

"Minggu ini, kami ada rencana melakukan simulasi persiapan penyuntikan vaksin di Kota Depok. Kemungkinan Kamis (22/10)," ujar Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Dirinya menerangkan, Pemprov Jabar mengajukan alokasi vaksinasi prioritas di wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek). Kilahnya, tergolong daerah epidemiologi tinggi.

"Jadi, akan disimulasikan kesiapannya karena Bodebek hanya memiliki 1.000 tenaga penyuntik vaksin yang sudah dilatih. Akan kami simulasikan, apakah 1.000 tenaga ini memadai atau harus ditambah," jelasnya, mencuplik situs web Pemprov Jabar.

Sponsored

Emil, sapaannya, melanjutkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar mengadakan pelatihan bagi 3.000 relawan Covid-19 se-Bandung Raya hingga 9 November 2020. Kegiatan yang melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu dimulai per kemarin (Senin, 19/10).

Pemerintah telah menjalin komitmen dengan beberapa produsen vaksin Covid-19, yang sampai kini pengujian masih tahap uji klinis ketiga. Karenanya, sebanyak 9,1 juta warga diklaim akan mengikuti vaksinasi pada November-Desember 2020.

Di sisi lain, tim dari Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI), hingga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih melakukan pengecekan tentang keamanan dan kehalalan vaksin tersebut.

Berita Lainnya