sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Libur Nataru, Pemprov Jateng gelar operasi yustisi dan tes antigen

Inspeksi menyasar 11 titik, mencakup objek wisata dan tempat rehat (rest area) sepanjang jalan tol.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Senin, 21 Des 2020 22:33 WIB
Libur Nataru, Pemprov Jateng gelar operasi yustisi dan tes antigen
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) melaksanakan operasi yustisi dan tes antigen bagi pendatang di titik-titik peristirahatan saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2020. Kegiatan akan terpusat di 11 lokasi dan melibatkan personel gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), polisi, TNI, dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Sebanyak enam dari 11 lokasi itu berada di tempat wisata Dieng, Wonosobo; Borobudur, Kabupaten Magelang; Baturraden, Banyumas; Dusun Sumilir Bandungan, Kabupaten Semarang; Prambanan, Klaten; dan Tawangmangu, Karanganyar. Sisanya di titik-titik rawan kerumunan di tempat rehat (rest area) sepanjang tol, yakni Rest Area 260 B, Kabupaten Tegal; Rest Area 379, Batang; serta Rest Area 429, Rest Area 456 A, dan Rest Area 456 B, Kabupaten Semarang.

"Kita mengerahkan personel yang mem-back up penuh di sana,” kata Satpol PP Jateng, Budiyanto Eko Purwono, Senin (21/12).

Dirinya menambahkan, Satpol PP kabupaten/kota juga turut terlibat. "Mereka mempunyai jadwal sendiri."

Sponsored

"Maka, tidak heran jika kegiatan sudah ada yang berjalan di luar jadwal gubernur itu, dari 18 Desember sampai dengan 8 Januari," sambungnya, melansir situs web Pemprov Jateng.

Sedangkan sekitar 50 anggota Satpol PP Jateng yang dikerahkan, jelas Budiyanto, akan turun bersama personel dari instansi terkait lain. Terdapat sedikitnya 15 personel di setiap lokasi.

Petugas lapangan bakal memantau hingga melakukan pengamanan. Inspeksi dijadwalkan dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga tengah malam selama libur Nataru. "Jadi, waktunya sampai di luar jam kerja. Kita gantian," tutup Budi.

Berita Lainnya