logo alinea.id logo alinea.id

Aparat siapkan pengamanan berlapis pemakaman Habibie di TMP Kalibata

Aparat keamanan telah melakukan sterilisasi jelang pemakaman Habibie di TMP Kalibata.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Kamis, 12 Sep 2019 11:21 WIB
Aparat siapkan pengamanan berlapis pemakaman Habibie di TMP Kalibata

Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata telah siap menjadi lokasi pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie, yang akan berlangsung siang nanti. Petugas TMP Kalibata serta aparat keamanan gabungan telah bersiaga di lokasi.

Upacara pemakaman akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Presiden Joko Widodo akan memimpin langsung upacara tersebut. Selain pengecekan langsung, upaya sterilisasi kompleks TMP kalibata juga dilakukan dengan pengerahan anjing pelacak.

Berdasarkan pantauan reporter Alinea.id, personel TNI-Polri telah melakukan apel persiapan.  Para personel telah dibagi wilayah penugasan berdasarkan jaraknya ke lokasi makam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya mengerahkan ratusan personel untuk membantu pengamanan. Para personel telah dibagi penugasannya, untuk melakukan pengamanan mulai di rumah duka hingga lokasi pemakaman. 

"Sebanyak 600 personel yang kita siapkan," kata Argo saat dikonfimasi, Kamis (12/9)

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan protokol istana juga telah mengecek kondisi dan persiapan pemakaman. Ada empat tenda yang terpasang di dekat tanah galian yang dipersiapkan untuk makam Habibie. Letaknya berada di Blok M Nomor 120, bersampingan dengan makam istrinya, Hasri Ainun Besari di Blok M Nomor 121.

Para pelayat yang datang untuk menyaksikan prosesi pemakaman, akan diperiksa dengan metal detector yang berada di depan gerbang TMP Kalibata. Hanya saja, tidak semua masyarakat diizinkan berada di sekitar makam.

Selain kerabat dan keluarga, mereka yang akan menyaksikan langsung pemakaman adalah presiden dan wakil presiden, pejabat negara, serta para duta besar negara sahabat. Pihak TMP Kalibata menyiapkan 700 kursi untuk para tamu yang akan hadir.

Sponsored

Di dekat area galian untuk makam Habibie, terpasang juga karpet merah panjang. Selembar kain putih juga telah dipasang di atas makam Habibie.

Habibie meninggal dunia pada pukul 18.03 WIB di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Ia mengembuskan napas terakhirnya pada usia 83 tahun.