sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pengamanan mudik, Menko PMK: Semua bersatu padu beri pelayanan terbaik

Sebanyak 148.261 personel gabungan dikerahkan pada Operasi Ketupat 2023.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 18 Apr 2023 16:06 WIB
Pengamanan mudik, Menko PMK: Semua bersatu padu beri pelayanan terbaik

Operasi Ketupat 2023 oleh Polri diyakini guna menjamin pelayanan, perlindungan, dan pengamanan kepada pemudik berjalanan lancar. Apalagi, operasi turut melibatkan berbagai kekuatan pendukung.

"Semuanya bersatu padu untuk memastikan bahwa kita memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sehingga masyarakat bisa merayakan Lebaran 2023 dengan meriah, hikmat, aman, selamat, tentu saja berkesan," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Polri rutin mengadakan Operasi Ketupat untuk mengamankan jalur mudik pada masa Lebaran. Pada tahun ini, operasi dimulai sejak 17 April-1 Mei 2023.

Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, dalam Apel Operasi Ketupat di kawasan Monas, Jakarta, pada Senin (17/4), melepas 148.261 personel untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik. Mereka akan disebar ke berbagai wilayah dan mengisi 2.805 pos.

Sebanyak 1.875 dari total 2.805 pos adalah pos pengamanan (pospam), yang berfungsi sebagai pusat informasi, pengaturan dan rekayasa arus lalu lintas, serta memastikan keamanan maupun ketertiban pada objek wisata, pusat perbelanjaan, dan pusat keramaian lainnya.

Lalu, 713 pos pelayanan (posyan) yang berfungsi menjadi tempat istirahat pengemudi, manajemen tempat istirahat, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis, dan layanan lainnya. Kemudian, 217 pos terpadu difungsikan sebagai pusat operasi secara integrasi bersama stakeholder terkait dan dilengkapi Command Center terpadu.

Kapolri menerangkan, seluruh pihak yang terlibat bekerja keras memastikan keamanan para pemudik mengingat jumlah pemudik tahun ini diprediksi meningkat drastis dibanding sebelumnya. 

"Apel ini bentuk pengecekan akhir persiapan Operasi Ketupat. Ini wujud nyata sinergitas Polri, TNI, kementerian/lembaga terkait untuk pengamanan mudik Idulfitri," ucapnya dalam keterangannya.

Sponsored

Apel Operasi Ketupat turut dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi; Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin; dan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. 

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid