sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pembatalan ceramah Ustaz Abdul Somad di UGM, polisi tak ikut campur

"Kepolisian dalam hal ini tidak terikat langsung dengan itu. Lebih kepada kebijakan yang punya tempat."

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 10 Okt 2019 11:10 WIB
Pembatalan ceramah Ustaz Abdul Somad di UGM, polisi tak ikut campur
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 291182
Dirawat 61839
Meninggal 10856
Sembuh 218487

Aparat kepolisian membantah turut campur dalam keputusan Universitas Gadjah Mada, yang membatalkan kuliah umum bersama Ustaz Abdul Somad pada Sabtu (12/10) mendatang. 

Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, pihaknya bahkan tidak menerima permintaan izin atau pengamanan, dalam acara yang rencananya diselenggarakan di Masjid Kampus UGM. 

"Ini kan kebijakan yang punya tempat, kalau masalah begitu. Kepolisian dalam hal ini tidak terikat langsung dengan itu. Lebih kepada kebijakan yang punya tempat. Yang punya tempat misalnya membatalkan, tidak melanjutkan kegiatan itu, monggo silakan yang punya tempat," kata Dofiri di Polda DIY, Kamis (10/10).

Dia mengaku akan tetap menyiagakan sejumlah personelnya, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gesekan dalam menyikapi keputusan pihak UGM. Meski demikian, Dofiri berharap segala persoalan  yang berkaitan dengan penolakan acara itu dapat diselesaikan dengan baik.

Sponsored

"Kita tidak terlalu jauh untuk mengantisipasi, karena internal di universitas saya kira sudah bisa menyelesaikan itu," kata Dofiri.

Ustaz Abdul Somad dijadwalkan mengisi kuliah umum di Masjid Kampus UGM pada Sabtu (12/10) mendatang. Dalam acara tersebut, Somad akan menyampaikan ceramah bertajuk "Integrasi Islam dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi".

Pihak rektorat meminta acara tersebut dibatalkan, karena adanya penolakan dari alumnus UGM dan pihak lain. Panitia pun telah memastikan acara tersebut dibatalkan.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB