sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polisi buka peluang periksa Firli Bahuri

Firli akan diminta keterangan sebagai saksi. Namun, belum diketahui waktu persis pemeriksaan tersebut.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 13 Okt 2023 18:24 WIB
Polisi buka peluang periksa Firli Bahuri

Kepolisian masih membuka peluang untuk memeriksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Pemeriksaan terkait dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengatakan, Firli akan diminta keterangan sebagai saksi. Namun, dirinya belum mengetahui waktu persis pemeriksaan tersebut.

“Dimintai keterangan sebagai saksi, ya kami minta keterangan. Nanti kita lihat," kata Karyoto kepada wartawan, Jumat (13/10).

Menurutnya, penyidik akan mencari apakah Firli terlibat dalam kasus tersebut. Hanya saja Firli belum dapat menyampaikan secara pasti kapan pemanggilan Firli dilakukan.

"Ya kaitannya dong, terkait apa tidak. Nanti penyidik akan menjelaskan kalau ada jadwal-jadwal, aku nggak tahu secara detail," ujar Karyoto. 

Pekan ini, penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, hari ini, Rabu (11/10). Pemeriksaannya dalam kapasitas sebagai saksi.

Hari ini, pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipanggil telah mangkir. Pemanggilannya untuk diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK.

Ade Safri mengatakan, sosok pegawai itu adalah Tomi Murtomo selaku Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat KPK. Ia diperiksa dalam kapasitas saksi.

Sponsored

"Betul. Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat KPK RI," katanya kepada wartawan, Jumat (13/10).

Menurutnya, alasan Tomi karena ada urusan pekerjaan. Maka dari itu, penyidik menjadwalkan ulang pemeriksaan bagi Tomi.

“Memohon penundaan pemeriksaan dengan alasan mengikuti giat dinas yang sudah terjadwal sebelumnya. Dan sudah dibuatkan serta dikirimkan kembali surat panggilan kepada yang bersangkutan untuk jadwal pemeriksaan pada hari Senin jam 10.00 WIB," ujarnya.

Selain itu, Kevin Egananta, aide de camp (ADC) atau ajudan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, datang memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jumat (13/10). Kevin diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK dalam penangan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Kevin tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 11:17 WIB dengan mengenakan kemeja bercorak ungu dan membawa tas serta map. Ia sempat menjawab pertanyaan awak media, apakah dirinya mendapat arahan dari Firli untuk hadir pemeriksaan penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Ia menegaskan bahwa tidak ada arahan apapun dari ketua lembaga antirasuah tersebut.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid