sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polisi dalami penjualan data pribadi di medsos

Penjualan dilakukan melalui platform SanckVideo, TikTok, Hello, Resso, Liket oleh akun bernama Swettfan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 25 Jun 2021 14:01 WIB
Polisi dalami penjualan data pribadi di medsos

Polisi mengaku tengah melakukan penyelidikan atas penjualan data pribadi berupa foto KTP-el sejumlah warga di jejaring media sosial Facebook. Penjualan foto KTP-el itu bahkan disertakan oleh pemiliknya dengan cara selfie.

Penjualan dilakukan melalui paltform SanckVideo, TikTok, Hello, Resso, Liket oleh akun bernama Swettfan. Akun tersebut mengunggah gambar sejumlah KTP-el bersama selfie pemiliknya dengan narasi Ready KTP selfie HD Minat Pm Aja Bahan Masih Fress.

Akun penjual tidak menyebutkan berapa harga dari data tersebut. Kendati demikian, dia menggunakan modus dengan menempeli stiker pada wajah pemilik KTP-el.

“Iya dilakukan penyelidikan atas informasi tersebut,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat (25/6).

Sponsored

Menurut Argo, penyelidikan akan dilakukan oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri karena penjualan itu diduga sebagai penyalahgunaan data diri seseorang.

“Kita tunggu ya prosesnya sesang berjalan,” tuturnya.

Untuk diketahui, gambar KTP-el dengan selfie pemiliknya biasa digunakan oleh pinjaman online (pinjol). Terlebih saat ini banyaknya pinjol mengirim langsung uang pinjaman tanpa adanya permintaan.

Berita Lainnya

BenQ resmi luncurkan MOBIUZ EX3415R

Selasa, 21 Sep 2021 12:15 WIB

35% Masyarakat Indonesia Telah Divaksin Covid-19

Selasa, 21 Sep 2021 12:15 WIB

Komisi III DPR RI Sepakati 7 Calon Hakim Agung

Selasa, 21 Sep 2021 11:45 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB