sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Polisi tingkatkan pengamanan jelang HUT KNPB

Peningkatan pengamanan dilakukan guna memastikan keamanan warga setempat.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Senin, 18 Nov 2019 10:44 WIB
Polisi tingkatkan pengamanan jelang HUT KNPB

Aparat kepolisian meningkatkan pengamanan jelang hari ulang tahun Komite Nasional Papua Barat atau KNPB pada 19 November. Di Mimika, polisi mengintensifkan patroli di waktu dan lokasi rawan.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata mengakui hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekacauan pada HUT KNPB. Namun tujuan penting patroli yang dilakukan, kata dia, adalah untuk memberikan jaminan rasa aman pada warga setempat.

"Bukan saja untuk mengantisipasi itu, tapi patroli-patroli yang kita lakukan harus lebih intensif terutama pada jam-jam keramaian dan di lokasi-lokasi rawan gangguan kamtibmas, seperti pencurian, supaya masyarakat merasakan kehadiran polisi di tengah-tengah mereka," kata AKBP Era Adhinata di Timika, Mimika, Papua, Senin (18/11).

Menurutnya, KNPB merupakan organisasi yang memperjuangkan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Karena itu Era memastikan pihaknya akan melakukan tindakan tegas, jika para simpatisan dan anggota KNPB melakukan aktivitas yang bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar NKRI.

Sponsored

"Tentu kami akan melakukan penindakan apabila mereka betul-betul melakukan pelanggaran terhadap hukum positif yang berlaku di negara ini," katanya.

Era juga mengatakan, aparat TNI dan Polri terus mendeteksi pergerakan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Papua. Di Mimika, Era mengklaim telah menyebarkan anggotanya untuk mendeteksi pergerakan KKB. 

Dari pemantauan yang dilakukan, para anggota KKB Papua terdeteksi sudah berada di wilayah Distrik Tembagapura, Mimika. Pemantauan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi kekacauan jelang HUT Organisasi Papua Merdeka pada 1 Desember.