close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Personel Samapta Polres Majalengka melakukan patroli di tempat wisata Situ Cipanten, Kabupaten Majalengka, Jabar, pada Rabu (4/5/2022). Dokumentasi Polri

Polri jamin keamanan tempat wisata dan pusat perbelanjaan saat Nataru

Polri juga menyiagakan personelnya juga mengantisipasi risiko bencana alam hingga awal 2023.
swipe

Polri menjamin keamanan di tempat wisata dan pusat perbelanjaan selama momen libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru). Pangkalnya, lokasi-lokasi tersebut, termasuk jalur mudik, menjadi titik pengamanan bahkan masuk dalam area kerja Satgas Ops Lilin 2022.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengatakan, jumlah pengunjung tempat wisata dan pusat perbelanjaan meningkat saat Nataru. Oleh sebab itu, menjadi titik-titik pengamanan kepolisian.

"Fokus-fokus selain pengamanan jalur [mudik], tempat wisata, tempat keramaian seperti perbelanjaan, dan lain-lain," katanya, Rabu (28/12).

Ramadhan melanjutkan, arus lalu lintas di Jabodetabek maupun jalur mudik juga meningkat saat Nataru. Puncak mobilitas masyarakat diprediksi terjadi pada 30-31 Desember 2022.

"Kita kerahkan secara optimal dengan semua satgas yang terlibat, termasuk ada satgas humas, satgas penegakan hukum (gakkum), satgas kelancaran ketertiban lalu lintas," ujar jenderal bintang satu ini.

Dirinya menerangkan, pengamanan tidak sekadar untuk mengantisipasi kericuhan maupun ketidaknyamanan. Namun, turut menyasar antisipasi dalam menghadapi bencana.

Guna meminimalisasi risiko bencana, Polri mengerahkan pasukan SAR serta sarana prasarana (sarpas). Apalagi, curah hujan tinggi menerjang berbagai wilayah di Indonesia diprakirakan berlangsung hingga awal Januari 2023.

Pengerahan jajaran dilakukan dari setiap wilayah, mulai dari lingkup sektor hingga daerah, termasuk pemetaan lokasi rawan bencana. Polri juga memiliki pasukan cadangan yang siap dikerahkan guna menangani bencana alam, seperti penanganan gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Polri jamin keamanan tempat wisata dan pusat perbelanjaan saat Nataru
Rabu, 28 Desember 2022 21:54
Artikel ditulis oleh
img
Immanuel Christian
Reporter
img
Fatah Hidayat Sidiq
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan