sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden: Warga tak terdaftar terima bansos, silakan lapor

Jokowi mengakui data penerima bansos yang ada saat ini memang belum sepenuhnya sempurna.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Rabu, 13 Mei 2020 11:43 WIB
Presiden: Warga tak terdaftar terima bansos, silakan lapor
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 28818
Dirawat 18205
Meninggal 1721
Sembuh 8892

Presiden Joko Widodo mempersilakan masyarakat yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial atau bansos, agar melapor kepada RT/RW di lingkungan masing-masing. Menurutnya, pemerintah akan menerapkan mekanisme baru bagi masyarakat yang belum masuk dalam daftar penerima bantuan.

"Lapor kepada RT/RW, sehingga itu bisa diusulkan," kata Presiden Joko Widodo setelah melakukan peninjauan penyaluran bantuan di Kantor Pos Kota Bogor, tak jauh dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5).

Jokowi mengatakan, data penerima bansos yang ada saat ini memang belum sepenuhnya sempurna. Hal ini lantaran dipersiapkan mendadak akibat terjadinya pandemi Covid-19.

Meski demikian, warga yang saat ini belum terdaftar sebagai penerima bansos diminta tak khawatir. Sebab, pemerintah masih memiliki stok bantuan yang bisa disalurkan kepada warga yang saat ini belum terdaftar.

Masyarakat pun diharapkan bersabar, karena penyaluran bansos tahap pertama juga belum rampung 100%. Ini di antaranya terjadi pada bantuan langsung tunai desa, yang baru diterima 10% dari yang dianggarkan pemerintah.

"Saya kira nanti pada tahapan kedua bulan depan, Insyaallah akan lebih baik lagi," kata Presiden.

Selama pandemi Covid-19, pemerintaha telah menyiapkan sejumlah bantuan kepada masyarakat. Di antaranya bantuan tunai, program keluarga harapan atau PKH, bantuan pangan nontunai atau BPNT, dan bantuan langsung tunai atau BLT dari Dana Desa.

Bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Bantuan ini juga diharapkan dapat menjaga perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Sponsored

"Kita harapkan dengan bansos ini kita bisa menguatkan. Memperkuat daya beli masyarakat, sehingga nanti konsumsi domestik kita menjadi normal kembali. Itu yang kita harapkan," kata Jokowi. (Ant)

Berita Lainnya