sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Puan akan dorong pemerintah optimalisasi tangani Covid

DPR sangat fokus mendorong pemerintah meningkatkan penanganan Covid-19 dan dampaknya.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Jumat, 14 Agst 2020 09:28 WIB
Puan akan dorong pemerintah optimalisasi tangani Covid
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Ketua DPR Puan Maharani dijadwalkan berpidato pada Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (14/8). Dalam kesempatannya, Puan mengaku akan mendorong pemerintah secara langsung untuk meningkatkan kembali penanganan pandemi Covid-19.

Menurut Puan, DPR sangat fokus mendorong pemerintah meningkatkan penanganan Covid-19 dan dampaknya. Hal ini, sebagai bagian dari fungsi pengawasan yang dimiliki DPR.

"Tentu tidak hanya DPR, melainkan semua pihak berharap pemerintah bisa bertindak secara efektif, sigap, dan terpadu untuk memperkuat penanganan di bidang kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi, serta pelayanan publik," papar Puan.

Dikatakan Puan, melalui fungsi pengawasan AKD DPR RI, nyatanya terdapat berbagai catatan yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah agar meningkatkan kinerja penanganan Covid-19 dan dampaknya.

Sebenarnya, bukan kali ini saja Puan memberi catatan terkait upaya pemerintah menangani penyebaran dan dampak pandemi Covid-19 di Tanah Air. Saat menutup masa sidang IV DPR 2019-2020 pada pertengahan Juli, Puan juga menyampaikan hal serupa dan meminta pemerintah mempercepat penyerapan anggaran untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

"Catatan-catatan tersebut seperti mempercepat efektivitas penyerapan anggaran penanganan Covid-19, khususnya di bidang kesehatan, perlindungan sosial, dukungan sektoral pemda, serta dukungan UMKM," tegas politikus PDIP itu.

Untuk diketahui, Sidang Tahunan MPR kali ini digelar bersamaan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021. Sidang akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

Sidang Tahunan MPR akan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara kemudian akan dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Tahunan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD yang dibuka Ketua DPR Puan Maharani.

Sponsored

Keseluruhan agenda sidang ini dijadwalkan berlangsung hingga pukul 11.00 WIB dan kemudian dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka RAPBN 2021 pada pukul 14.00-16.00 WIB.

Berita Lainnya