sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ribuan personel kepolisian amankan pilkada Jateng dan siaga erupsi Merapi

Polda Jateng kerahkan personel untuk pengamanan situasi erupsi Gunung Merapi.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Sabtu, 28 Nov 2020 06:53 WIB
Ribuan personel kepolisian amankan pilkada Jateng dan siaga erupsi Merapi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Sebanyak 14.000 personel kepolisian Polda Jawa Tengah (Jateng) dikerahkan untuk mengamankan Pilkada Serentak 2020 dan siaga erupsi merapi yang saat ini dalam status siaga III.

Belasan ribu personel kepolisian tersebut akan fokus pada pengamanan pilkada, terutama di wilayah Kabupaten Boyolali dan Klaten sekitar Gunung Merapi.

Ada pula personel yang juga fokus dalam pengamanan situasi erupsi Gunung Merapi, seperti wilayah Magelang, Boyolali, dan Klaten.

“Kita juga punya power on hand yang di masing-masing eks-karesidenan. Itu adalah satu SSK Brimob yang setiap saat bisa kita gerakan manakala eskalasi meningkat,” kata Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi kepada wartawan, Jumat (27/11).

Belasan ribu personel tersebut, jelas Luthfi, akan disebar di 21 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada yang akan digelar 9 Desember mendatang.

Menurutnya semua daerah yang menggelar pilkada di Jateng rawan, untuk itu pihaknya tetap waspada.

"Kami sudah simulasi pengamanan dengan KPU di daerah-daerah,” lanjutnya.

Dia menambahkan, personel yang terlibat Operasi Mantap Praja akan dibedakan dan pisah dengan kontijensi di wilayah Merapi.

Sponsored

"Sedangkan wilayah Magelang sedikit aman karena tidak ada pilkada. Jadi Boyolali dan Klaten diwaspadai serta kita doakan (Merapi) tidak meletus,” pungkasnya.

Berita Lainnya