sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

RSUD Banten menjadi rumah sakit khusus Covid-19

RSUD Banten siapkan ruang isolasi dan hanya menerima pasien dengan kriteria pasien dalam pengawasan.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Rabu, 25 Mar 2020 12:24 WIB
RSUD Banten menjadi rumah sakit khusus Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2491
Dirawat 2090
Meninggal 209
Sembuh 192

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten telah ditetapkan menjadi rumah sakit khusus menangani pasien Covid-19. Mengingat, hingga Selasa (24/3) kasus di Banten terus bertambah. Namun, ada perbedaan data antara pemerintah pusat dan Pemprov Banten.

Berdasar, data pemerintah pusat terdapat  65 kasus di Banten.  Sedangkan, menurut Pemprov Banten hanya 44 kasus Covid-19. Direktur Utama (Dirut) RSUD Banten, Danang Hamsah Nugroho mengakui, telah dibantu Pemprov Banten mempersiapkan peralatan kesehatan untuk pasien Covid-19 sampai beroperasi hari ini pukul 14.00 WIB.

RSUD Banten, telah menyiapkan sebanyak 250 bad atau tempat tidur untuk perawatan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. Kemudian, menyediakan sebanyak 19 ruang isolasi dengan 37 tempat tidur yang dilengkapi peralatan penunjang untuk penanganan pasien.

"Kami sudah siap bisa melaksanakan. Rumah sakit siap menerima pasien Covid-19 sesuai jadwal,"kata Danang saat dikonfirmasi, Rabu (25/3).

Dalam rangka memberi pelayanan pasien khusus Covid-19, dia mengungkapkan, telah menyiapkan sebanyak 500 sampai 600 tenaga medis. Mulai dari dokter dan perawat dengan dilengkapi alat pelindung diri (APD), sesuai standar yang telah ditentukan untuk menangani pasien tersebut.

"Tenaga medis juga sudah siap semua mulai dari dokter sampai perawat,"kata Danang.

Dikonfirnasi terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Banten, yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banten Ati Pramudji menerangkan, pasien yang diterima dengan kriteria pasien dalam pengawasan (PDP) yang merupakan rujukan dari rumah sakit lain di Banten. 

Untuk mengoptimalkan pelayanan, menurut dia, RSUD Banten tidak melayani pasien dengan kretaria orang dalam pemantauan (ODP). "Untuk pasien ODP diberikan pelayanan di puskesmas atau rumah sakit lain di Banten. Jika, pasien positif tetap akan berkordinasi dengan pusat apakah dirujuk atau dirawat disini,"katanya.

Sponsored

Sesuai standar operasional (SOP) rujukan yang dilakukan RSUD Banten sebagai berikut:

1. Hubungi terlebih dahulu rumah sakit yang dirujuk dan menjelaskan kondisi pasien agar tim triase di rumah sakit rujukan siap.

2. Jika pasien dengan kondisi perlu pendampingan saat dirujuk, mohon rumah sakit perujuk untuk mendampingi terlebih dahulu distabilisasai.
 

Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Senin, 06 Apr 2020 06:02 WIB
Menagih janji keringanan cicilan utang

Menagih janji keringanan cicilan utang

Senin, 06 Apr 2020 05:43 WIB
Berita Lainnya