sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Satgas Nemangkawi tangkap penjual senjata kepada KKTB

Pelaku telah menjual senpi dan amunisi hingga miliaran rupiah.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 15 Jun 2021 12:28 WIB
Satgas Nemangkawi tangkap penjual senjata kepada KKTB

Satgas Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib tekait kelompok kriminal teroris bersenjata (KKTB) Puncak Jaya, Papua. Dia diduga bagian dari jaringan penjual senjata api (senpi) dan amunisi kepada KKTB.

"Yang bersangkutan, Neson Murib, diduga jaringan penjual senjata api dan amunisi ke KKTB di Puncak Jaya," kata Kepala Bagian Humas Satgas Nemangkawi, Kombes M. Iqbal Al-Qudusy, dalam keterangannya, Selasa (15/6).

Neson ditangkap ketika sedang transit di Bandara Mulia, Puncak Jaya, Anggota KP3 Bandara. Dia berencana menuju Timika.

Menurut Iqbal, tersangka sudah melakukan sejumlah transaksi mencapai miliaran rupiah. "Total yang dikirim dan diterima Rp1.393.100.000," ujarnya.

Sponsored

Neson ditangkap dengan barang bukti berupa uang senilai Rp370 juta. Dana tersebut diduga akan digunakan untuk membeli senjata api dari seseorang. 

Iqbal menegaskan, Satgas Nemangkawi masih mendalami kasus ini untuk mengetahui pihak lain yang terlibat. Pangkalnya, ada pelaku lain yang masih dalam persembunyian. 

"Tim masih akan terus menggali informasi sumber dana serta aktivitas pengiriman uang untuk membeli senjata dan amunisi dari terduga Neson Murib," tutur Iqbal.

Berita Lainnya