sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sehatkan masyarakat, Perwosi gelar lomba senam kreasi nasional

Sebanyak 47 tim berpartisipasi pada lomba senam kreasi nasional 2023, yang memperebutkan Piala Ibu Negara.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 10 Okt 2023 15:43 WIB
Sehatkan masyarakat, Perwosi gelar lomba senam kreasi nasional

Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)  dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan lomba senam kreasi tingkat nasional Piala Ibu Negara 2023. Kegiatan berlangsung di GOR Bulungan, Jakarta, pada Selasa (10/10).

Ketua Harian OASE KIM sekaligus Ketua Umum Perwosi, Tri Tito Karnavian, menyatakan, kegiatan rutin ini digelar untuk menyehatkan masyarakat, khususnya perempuan dan keluarga, demi meningkatkan kecintaan pada olahraga. Selain itu, memompa para perempuan untuk berkreasi menciptakan gerakan senam.

"Kami yakin bahwa perempuan-perempuan Indonesia banyak sekali mempunyai talenta untuk berkreasi menciptakan gerakan-gerakan senam yang menggembirakan. Walaupun ini bukan menciptakan atlet-atlet senam, tapi menciptakan prestasi-prestasi dari perempuan bagi seluruh Indonesia," katanya di sela-sela acara.

Harapan tersebut, ungkap Tri, selaras dengan pesan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Istri Presiden ke-7 RI itu mengajak kaum perempuan selalu berkreasi hingga berprestasi.

"Ibu negara mengimbau kepada kita semua kaum perempuan untuk selalu berkreasi, aktivitas, dan juga berprestasi di olahraga khususnya, namun juga berprestasi di segala bidang. Apalagi, kita kaum perempuan di tengah rumah tangga juga menjadi penentu kesehatan di keluarga," tuturnya.

Tri melanjutkan, jumlah peserta lomba senam kreasi nasional 2023 meningkat signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada kali ini, kegiatan diikuti 47 tim, yang terdiri dari 314 orang.

"Dari 38 provinsi, yang mendaftar 37 provinsi," ujarnya. "Satu provinsi ada yang mengirim 3 tim sehingga terdapat 47 tim dengan jumlah 314 peserta."

Adapun dewan juri dalam lomba ini berasal dari pihak. Yakni, praktisi senam olahraga kreasi, Lily Greta; creative choreographer, Kartini Lolina; tokoh olahraga dan penguji LSKSI, Endang Widyarini; Kepala Museum Olahraga Nasional Kemenpora, Een Ermawati; dan Kabid Kepeloporan Pemuda Desa dan Daerah Khusus Kemenpora, Sopti Popiyati.

Sponsored

Unsur penilaian lomba meliputi beberapa aspek. Yaitu, kreativitas, kekompakan, keserasian gerak, dan kostum yang dikenakan.

Berikut daftar pemenang lomba senam kreasi 2023 Piala Ibu Negara:
Juara 1: Karang Awe​some Crew Bali
Juara 2: Perwosi Sumsel
Juara 3: Perwosi Sulut
Juara harapan 1: Gorontalo
Juara harapan 2: Jateng Ceria
Juara harapan 3: UPI Jabar
Juara favorit: Kasuari Yunior
Juara kostum terbaik: Kutai Timur Kaltim 1

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid