sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gugus Tugas Covid-19 karantina seluruh pegawai Puskesmas Koto XI Sumbar

Karantina dilakukan atas dugaan adanya salah seorang pegawai yang melakukan kontak dengan pasien positif coronavirus.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Kamis, 16 Apr 2020 19:08 WIB
Gugus Tugas Covid-19 karantina seluruh pegawai Puskesmas Koto XI Sumbar
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 396.454
Dirawat 60.694
Meninggal 13.512
Sembuh 322.248

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengarantina seluruh pegawai di Puskesmas Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Hal itu dilakukan atas dugaan adanya salah seorang pegawai yang melakukan kontak dengan pasien positif coronavirus. 

"Di Puskesmas Koto XI Tarusan ada 58 pegawai yang terdiri dari tenaga medis, paramedis, sopir, dan lainnya," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pesisir Selatan, Rinaldi, di Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (16/4).

Menurutnya, dari jumlah tersebut telah ada 51 orang yang datang ke lokasi karantina yang disiapkan pemerintah kabupaten setempat. Dia berharap tujuh orang sisanya akan datang menyusul kolega mereka ke lokasi karantina.

"Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan menjemput ke kediaman masing-masing jika belum datang dengan kesadaran sendiri," kata Rinaldi.

Langkah karantina dilakukan untuk memutus potensi penularan, jika mereka terinfeksi Covid-19. Sejauh ini, sebanyak 58 pegawai tersebut belum ada yang dipastikan terinfeksi virus corona. 

Dari 51 orang yang telah menjalani karantina, 33 orang telah menjalani pemeriksaan swab. Namun, belum ada hasil dari pemeriksaan tersebut. Pada Jumat (17/5), pemeriksaan swab akan kembali dilakukan pada para pegawai yang belum menjalaninya. 

Mereka yang positif akan menjalani perawatan di rumah sakit yang telah ditunjuk untuk menangani pasien Covid-19. Adapun yang negatif akan dipulangkan setelah selesai menjalani karantina.

Dengan kondisi tersebut, pelayanan kesehatan di Puskesmas Koto XI Tarusan dihentikan sementara hingga situasi membaik. Masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, direkomendasikan untuk datang ke pelayanan kesehatan terdekat lainnya, seperti Puskesmas Barung Belantai, Puskesmas Pasar Baru dan lainnya. (Ant)

Sponsored
Berita Lainnya