sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

SNMPN 2021 resmi dibuka, berikut link pendaftarannya

SNMPN 2021 dibuka khusus untuk jenjang Diploma Tiga (D3).

Zahra Azria
Zahra Azria Senin, 11 Jan 2021 12:12 WIB
SNMPN 2021 resmi dibuka, berikut link pendaftarannya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pemerintah resmi membuka jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021 sebagai seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon perserta atau siswa yang bersedia melanjutkan studi di bidang vokasi. SNMPN 2021 dibuka khusus untuk jenjang Diploma Tiga (D3).

Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wikan Sakarinto mengatakan, jalur SNMPN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon perserta atau siswa yang bersedia melanjutkan studi di bidang vokasi.

“Khususnya di perguruan tinggi bidang vokasi, dalam hal ini, politeknik negeri seluruh Indonesia dan khusus jenjang D3. Sementara untuk jenjang Sarjana Terapan, 33 politeknik bergabung dengan pendaftaran S1 Perguruan Tinggi Negeri (PTN),” ujarnya saat peluncuran SNMPN secara daring, Senin (11/1).

Pola seleksi SNMPN tertuang dalam sistem terpadu yang diselenggarakan serentak melalui prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

“Semoga akan ada banyak anak-anak SMA, SMK, dan MA yang menemukan passion untuk memilih vokasi. Bukan karena terpaksa, bukan karena ikut-ikutan, dan tentunya memilih vokasi itu karena memang itu tujuannya,” tegasnya.

Sejak 2020, istilah Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK PN) berganti nama menjadi SNMPN. Penyelenggaraan SNMPN koordinasinya dipimpin oleh FDPNI. Hingga saat ini, tercatat 44 politeknik negeri se-Indonesia mengikuti seleksi SNMPN.

“Pendaftaran peserta SNMPN tidak dipungut biaya apapun karena biaya dibebankan kepada pemerintah. Jalur SNMPN juga mengakomodasi peserta yang diterima dan berasal dari keluarga tidak mampu, tetapi memiliki prestasi akademi yang baik sebagai peserta program bidikmisi,” tuturnya.

Wikan juga menyebutkan, informasi lengkap serta tata cara pendaftaran SNMPN dapat diakses pihak sekolah melalui situs www.snmpn.politeknik.or.id mulai 11 Januari 2021 dan ditutup pada 19 Maret 2021, sedangkan pengumuman SNMPN akan diumumkan 6 April 2021. 

Sponsored

Sementara Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) Zainal Arief mengungkapkan, SNMPN 2021 dibuka khusus untuk jenjang Diploma Tiga (D3).

“Tahun ini ada penyesuaian, sesuai arahan Dirjen. Untuk Sarjana Terapan kami ikutkan pada LTMPT. Sementara jenjang D3, kita selenggarakan seperti biasa dan kami bisa meluncurkannya hari ini,” ujarnya dalam Launching SNMPN 2021, Senin (11/01). 

Zainal berkata, di tengah situasi pandemi ini, penerimaan mahasiswa baru politeknik tetap dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi yang ada. Dia menyebutkan, pihaknya terus berupaya agar proses pendidikan, khususnya seleksi penerimaan mahasiswa baru politeknik negeri dapat berjalan dengan baik.

“FDPNI yang memfasilitasi SNMPN terus berusaha untuk meningkatkan layanan dalam proses seleksi dan tetap menjaga kelangsungan proses seleksinya,” katanya.

Berita Lainnya

Bank Indonesia kembali diserang hacker

Senin, 08 Mar 2021 15:45 WIB

Maksud Jokowi baik, ajak cinta produk lokal

Sabtu, 06 Mar 2021 15:13 WIB