sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Polri: Kendaraan yang akan masuk ke Jakarta harus memiliki izin

Penyekatan akan dilakukan di jalur tol dan sepanjang jalur Pantura.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Minggu, 24 Mei 2020 12:15 WIB
Polri: Kendaraan yang akan masuk ke Jakarta harus memiliki izin
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Polri akan melakukan penyekatan kendaraan yang akan masuk Jakarta saat arus balik mudik lebaran. Hanya yang memiliki kepentingan bekerja dan kondisi darurat saja yang bisa masuk ke Jakarta. 

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Istiono menjelaskan, penyekatan akan dilakukan di jalur tol, sepanjang jalur Pantai Utara atau Pantura dan jalur selatan Jawa. Ia menyebut, penyekatan tersebut telah dirancang sesuai Pergub Nomor 47 dan Surat Edaran Gugus Tugas.

"Penyekatan baik dari Jawa Timur, ruas tol di jalur Pantura maupun selatan, Jawa Barat, nanti kita lakukan," ujar Istiono dalam keterangan resminya, Minggu (24/5).

Menurut Istiono, kendaraan yang akan masuk ke Jakarta harus memiliki izin. Seperti diketahui, izin tugas sesuai aturan gugus tugas hanya yang memiliki kepentingan bekerja dan kondisi darurat saja boleh bepergian.

Sponsored

"Boleh masuk kalau punya izin ke Jakarta, kalau tidak kita putar balik," tutur Istiono.

Untuk diketahui, dalam pelarangan mudik, Polri telah melakukan putar balik 74.000 kendaraan. Polri juga menyita 605 kendaraan umum tanpa izin atau travel bodong.

Sanksi untuk angkutan umum yang kedapatan melanggar aturan pelarangan mudik dikenakan pasal 308 UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di mana setiap orang yang mengemudikan kendaraan umum yang tidak memiliki izin menyelenggarakan orang tidak dalam trayek maka dipidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500.000.

Berita Lainnya