sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tito larang kepala daerah buka bersama dan open house

Larangan itu disiarkan melalui Surat Edaran Nomor 800/2784/SJ.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Rabu, 05 Mei 2021 07:57 WIB
Tito larang kepala daerah buka bersama dan open house

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavia melarang kepala daerah menggelar buka bersama dan open house saat Hari Raya Idulfitri tahun 2021. Larangan itu, melalui Surat Edaran (SE) Nomor 800/2784/SJ tentang pelarangan menggelar buka puasa bersama pada Ramadan dan kegiatan open house atau halal bihalal pada Hari Raya Idulfitri 1442 H/2021.

Tito meminta, gubernur/bupati/wali kota mengambil langkah pembatasan kegiatan buka puasa bersama tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah lima orang selama bulan Ramadan.

"Menginstruksikan kepada seluruh pejabat/ASN di daerah dilarang melakukan open house/halal bi halal dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1442H/Tahun 2021," bunyi poin dalam peraturan tersebut.

Sebelumnya, Tito Karnavian menyebut, perlunya keserempakan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait pelarangan mudik. Sebagai bencana non-alam nasional, penanganan pandemi Covid-19 perlu diikuti dengan kebijakan satu komando dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sponsored

Maka, pemerintah daerah perlu menyesuaikan langkah berdasarkan kebijakan dari pemerintah pusat, "Perlu keserentakan antara pusat dan daerah," ucapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (2/5).

Berita Lainnya