sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

TKA di Cilegon dari China dinyatakan bebas coronavirus

Kesimpulan merujuk hasil inkubasi selama dua pekan.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Jumat, 07 Feb 2020 15:24 WIB
TKA di Cilegon dari China dinyatakan bebas coronavirus
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegan, Banten, mengklaim, satu tenaga kerja asing (TKA) yang sempat berpergian ke China sehat. Juga tak terinfeksi coronavirus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Arriadna, menyatakan, hal tersebut merujuk hasil inkubasi selama 14 hari terhadap pegawai PT Wilmar International Group di Kabupaten Serang itu. 

"Sudah melewati masa isolasi hari ini. Bahwa, kondisi semua TKA dalam keadaan sehat," katanya, Jumat (7/2). Dia berdomisili di Kota Cilegon dan tiba di Indonesia pada 6 Desember 2019.

TKA tersebut sempat menjalani pemeriksaan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta. Kebijakan inkubasi selama dua pekan sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Merujuk data Dinkes Kota Cilegon, PT Wilmar International Group mempekerjakan 28 TKA asal China. Empat di antaranya, sempat ke "Negeri Tirai Bambu" untuk merayakan Imlek. Namun, belum kembali hingga kini.

Sementara, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mencatat, terdapat 200 TKA China tinggal di Kota Cilegon per 2016. Seluruhnya pun telah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan sehat.

"TKA itu, tidak semua baru datang. Jadi, datangnya dari dulu-dulu. Bahkan, dari 2016. Jadi, yang TKA di sini kondisinya sehat," tutur Arriadna.

Dia menerangkan, Dinkes Kota Cilegon memperketat regulasi kedatangan warga negara asing (WNA). Mereka mesti berkoordinasi dan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Baik di bandara maupun pelabuhan.

Sponsored
Berita Lainnya