sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

RESMI: AFC konfirmasi 4 negara, termasuk Indonesia tertarik jadi tuan rumah Piala Asia 2023

AFC menanti dokumen empat asosiasi yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, termasuk Indonesia, pada 31 Agustus 2022.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Selasa, 19 Jul 2022 07:57 WIB
RESMI: AFC konfirmasi 4 negara, termasuk Indonesia tertarik jadi tuan rumah Piala Asia 2023

Piala Asia 2023 belum diketahui akan digelar di mana setelah China yang semula ditunjuk sebagai tuan rumah mengundurkan diri. Namun, empat federasi sepak bola sudah mengajukan diri untuk menghelat pesta sepak bola Asia empat tahunan itu. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengonfirmasi ketertarikan empat negara tersebut. Termasuk Indonesia. 

"Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menerima Expressions of Interest (EoI) dari empat Asosiasi Anggota AFC (MA) untuk menjadi tuan rumah kompetisi final Piala Asia AFC 2023," tulis AFC dalam keterangan di laman resminya, Senin (18/7).

Sebelumnya pada 31 Mei, AFC telah menyebar undangan kepada semua asosiasi sepak bola anggotanya untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.  Setelah batas waktu pengajuan 15 Juli kemarin,  terkumpul empat asosiasi yang menyatakan minatnya untuk mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2023.

Berikut federasi yang mengajukan penawaran: 

· Sepak Bola Australia
· Persatuan Sepak Bola Indonesia
· Asosiasi Sepak Bola Korea
· Asosiasi Sepak Bola Qatar

Selanjutnya negara yang mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 harus menyerahkan dokumen penawaran kepada AFC pada 31 Agustus 2022.

"Sesuai dengan proses lelang, Peraturan Lelang didistribusikan ke MA pada 17 Juni 2022, dan batas waktu Penawaran MA untuk menyerahkan dokumen Penawaran ditetapkan pada 31 Agustus 2022," jelas AFC. 
 
Setelah itu, evaluasi keseluruhan dari penawaran akan dilakukan oleh Administrasi AFC .  Setelah itu, Komite Eksekutif AFC menggelar pemilihan dan pengumuman tuan rumah pada 17 Oktober 2022. 

Timnas Indonesia sendiri telah berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023, setelah lolos dari babak ketiga kualifikasi menghempaskan Kuwait dan Nepal. Garuda menjadi runner-up Grup A dan masuk sebagai lima runner-up terbaik yang berhak mengantongi tiket ke Piala Asia 2023.

Sponsored

Keberhasilan ini mengakhiri penantian Garuda untuk berlaga di Piala Asia, selama 16 tahun. Terakhir timnas Indonesia bermain di Piala Asia pada 2007, ketika Indonesia menjadi salah satu dari empat negara tuan rumah even itu. Tiga negara lain yang menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 yakni Vietnam, Thailand, dan Malaysia. (theafc.com)

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid