sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BRI Liga 1 2021: Borneo FC takluk 0-1 dari Persik Kediri

Gol tunggal baru tercipta pada menit ke-79.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Jumat, 10 Sep 2021 21:50 WIB
BRI Liga 1 2021: Borneo FC takluk 0-1 dari Persik Kediri

Persik Kediri menjadi tim terakhir yang berjaya dalam rangkaian helatan laga BRI Liga 1 hari ini (Jumat, 10/9). Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Pakansari, Bogor, 18.30 WIB tadi, Pesut Etam takluk dari tim besutan Joko Susilo 0-1. 

Pertandingan berlangsung lambat selama babak pertama. Satu-satunya kejadian berarti adalah pemberian kartu kuning yang diterima pemain gelandang bertahan Borneo FC, Nuriddin Davronov, karena melakukan pelanggaran.

Sementara itu, menit pertama babak kedua diwarnai pergantian pemain Persik Kediri. Gelandang penyerang Macan Putih asal Liberia, Sackie Teah Doe, diganti Bayu Otto serta penyerang tengah, Septian Bagaskara, juga diganti penyerang sayap kanan, Antoni Nugroho, dengan alasan taktis.

Sebelas menit berselang, giliran Mario Gómez melakukan penggantian terhadap anak-anak asuhannya. Sang penyerang sayap kiri, Muhammad Sihran, digantikan dengan penyerang sayap kanan, Fajar Fathur Rahman, dan gelandang tengah, Sultan Samma, juga digantikan gelandang penyerang asal Argentina, Jonathan Bustos, semenit kemudian.

Kedua tim cukup sering mengganti pemain mereka dalam babak kedua. Pertandingan baru berjalan selama tujuh menit dengan formasi kedua tim yang sama-sama baru ketika Persik Kediri kembali melakukan pergantian pemain. Kali ini Youssef Ezzejjari, penyerang tengah berpaspor Spanyol, yang kena ganti dengan Hariyanto Panto, penyerang sayap kiri kelahiran Kendari.

Semenit kemudian, pelatih Joko Susilo memerintahkan bek tengah Persik asal Nigeria, OK John, duduk di bangku pemain. Kini giliran sesama bek tengah Mario Yagalo turun membela Macan Putih.

Pada menit ke-13 dan 30, Borneo FC kembali melakukan pergantian pemain. Masing-masing adalah Nuriddin Davronov digantikan Paulo Sitanggang dan Guy Junior oleh Boaz Solossa. Walaupun dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik dalam persepakbolaan Indonesia, partisipasi Solossa yang pernah bermain selama 16 tahun untuk Persipura Jayapura ini ternyata belum mampu menjamin kemenangan.

Gol tercipta cukup lambat dalam pertandingan ini. Pertahanan kuat Persik Kediri tidak mengizinkan Borneo FC mencetak satu gol pun. Begitu pula dengan pertahanan kuat Borneo FC, yang kemudian secara mengejutkan terbobol pada menit ke-79.

Sponsored

Sang pencetak gol adalah Adi Eko Jayanto, gelandang pertahanan Persik Kediri kelahiran Kediri, 18 Januari 1994. Sepanjang karirnya sejak 2017, dia tercatat belum pernah bermain di klub lain kecuali dipinjamkan ke Persekat Tegal pada 2018.

Pada 10 menit terakhir pertandingan, Persik Kediri kembali melakukan pergantian pemain. Kini giliran Bayu Otto yang duduk di bangku pemain, sedangkan bek tengah Risna Prahalabenta diturunkan untuk membela Persik Kediri di menit-menit terakhir pertandingan.

Di sisi lain, pelanggaran oleh gelandang pertahanan Macan Putih, Ahmad Agung, berbuah kartu kuning bagi tim asal Kota Tahu tersebut enam menit menjelang berakhirnya pertandingan. Hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada gol yang tercipta.

Berikut klasemen BRI Liga 1 per Jumat (10/9), pukul 21.12 WIB:
1. Bali United (3 poin)
2. PSIS Semarang (3 poin)
3. Persik Kediri (3 poin)
4. Bhayangkara Solo FC (3 poin)
5. Persita Tangerang (3 poin)
6. Persib Bandung (3 poin)
7. Borneo FC (3 poin)
8. Persela Lamongan (3 poin)
9. Arema Malang (1 poin)
10. Madura United (1 poin)
11. Persija Jakarta (1 poin)
12. PSM Makassar (1 poin)
13. PSS Sleman (1 poin)
14. TIRA-Persikabo (1 poin)
15. Persiraja Aceh (0 poin)
16. Barito Putera (0 poin)
17. Persebaya Surabaya (0 poin)
18. Persipura Jayapura (0 poin)

Berita Lainnya