sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia gagal ke babak final usai kalah 0-1 dari Thailand

Tim U-23 Indonesia gagal melangkah ke babak final cabang olahraga sepak bola setelah di babak semifinal ditundukkan Thailand 0-1.

 Hasbie Ibnu Harris
Hasbie Ibnu Harris Kamis, 19 Mei 2022 19:26 WIB
Indonesia gagal ke babak final usai kalah 0-1 dari Thailand


Partai semifinal sepak bola SEA Games 2021 antara timnas U23 Indonesia dan Thailand dilaksanakan di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5) sore WIB.

Garuda Muda keluar sebagai runner-up Grup A karena Vietnam unggul satu poin di puncak. Di sisi lain, Thailand menjadi juara Grup B dengan keunggulan satu poin atas Malaysia. Situasi itulah yang membuat duel Indonesia vs Thailand tersaji di semifinal SEA Games 2021.

Indonesia mendapatkan peluang mencetak gol pada menit kedua di babak pertama lewat tendangan bebas Marc Klok. Tetapi bola sepakannya melebar tipis di sisi kanan gawang Thailand.

Thailand juga mendapatkan peluang pada menit ke-30, juga melalui tendangan bebas. Namun, tendangan bebas Korawich Tasa masih melebar dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Pertandingan babak pertama Timnas U-23 Indonesia vs Thailand di semifinal SEA Games 2021 ini, bola lebih banyak berada di sekitaran lini tengah. Kedua tim masih mencari celah untuk membongkar pertahanan lawan.

Babak pertama antara Indonesia Vs Thailand berakhir dengan skor kacamata. Kedua tim masih sama sama susah untuk mencetak goal.

Pada awal babak kedua, pemain nomor 7 Thailand yaitu, Ekanit Panya mendapatkan peluang tepat di depan awang Indonesia. 

Namun, bola sambaran Ekanit melambung jauh di atas gawang Garuda yang dikawal oleh Ernando Ari Sutaryadi. 

Sponsored

Pada menit ke-63, Shin Tae-yong coba membuat perubahan dengan memasukkan Saddil Ramdani dan Syahrian Abimanyu. Saddil dan Syahrian diharapkan bisa menambah daya dobrak Garuda di sektor penyerangan.

Selang dua menit setelah pergantian pemain, Thailand kembali memperoleh peluang dari tendangan bebas melalui Ekanit Panya. Namun, bola tendangannya kembali melebar.

Timnas U-23 Indonesia akhirnya bisa keluar dari tekanan Thailand. Syahrian membuka peluang gol melalui tendangan bebas pada menit ke-70. Namun, bola sepakannya dapat ditangkap kiper Thailand.

Tujuh menit kemudian, Marc Klok, melakukan sundulan yang mengarah ke gawang. Namun, bolanya berhasil ditepis kiper Kawin Thamsatchanan.

Pada menit-menit akhir, Egy Maulana Vikri mendapatkan peluang mencetak gol lewat tendangan kaki kiri dari kotak penalti, tepatnya menit ke-87, dari umpan jauh dari Saddil.

Pada menit ke-90, Shin Tae-yong memasukkan Ronaldo Kwateh. Dia menggantikan Irfan Jauhari. Naun, perubahan yang dilakukan pelatih Korea Selatan itu pada babak kedua tidak membuahkan hasil. Kedudukan tetap 0-0 hingga waktu normal berakhir.

Perpanjangan waktu pun dimainkan untuk menentukan pemenang semifinal SEA Games ini. Hanya empat menit ketika laga kembali dilanjutkan, Indonesia kebobolan.

Weerathep Pomphun mencetak gol melalui tendangan kaki kanan dari dalam kontak penalti, kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Tertinggal satu gol, Shin Tae-yong kembali melakukan pergantian pemain. Dia menarik keluar Alfeandra Dewangga dan memasukkan Firza Andika pada menit ke-102. Lima menit berikutnya, dia memasukkan Rio Fahmi untuk menggantikan Muhammad Ridwan.

Menjelang akhir pertandingan, wasit mengeluarkan empat kartu merah. Satu untuk pemain Thailand, William Gabbriel Weidersjoe. Tiga lainnya pemain Indonesia, yakni Firza Andhika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya.

Timnas U-23 Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand. Kekalahan ini memastikan skuad Garuda Muda gagal ke final SEA Games 2021.

Berita Lainnya
×
tekid