Pembangunan venue di Jakabaring dinyatakan selesai

Pemerintah menyiapkan 14 venue di Komplek Jakabaring Sport City

Pembangunan venue di Jakabaring dinyatakan selesai Foto aerial arena Sepatu Roda di komplek olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (13/7)./AntaraFoto

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengumumkan seluruh arena atau tempat pertandingan (venue) dan kawasan di Jakabaring Sport City Center untuk penyelenggaraan Asian Games XVIII di Palembang sudah selesai.

"Hasil cek final hari ini (13/7), semua sudah selesai dan siap digunakan serta dijadwalkan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 14 Juli," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, yang juga Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana Asian Games XVIII di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (13/7) .

Pemerintah menyiapkan 14 venue di Komplek Jakabaring Sport City yakni shooting range, rowing center/dayung, skateboard, voli pantai, stadion Gelora Sriwijaya, Stadion Gelora Bumi Sriwijaya Stadion Tenis, Lake Side Jakabaring/venue Triathlon, stadion aquatic, atletik, GOR Danau, sport climbing dan rollerblade.

Dari 14 venue tersebut, pembangunan dan renovasi sebanyak tiga venue yakni shooting range, dayung dan skateboard dilakukan Kementerian PUPR. "Total anggaran dari APBN sekitar Rp600-700 miliar," katanya.

Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan tiga venue yaitu dayung, skateboard serta bowling. Khusus bowling merupakan kontribusi tanggung jawab sosial perusahan Sinarmas dan Pertamina.

"Dijadwalkan juga, Pak Jokowi akan membuka Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden 2018 yang akan diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) 12-15 Juli," kata Basuki.

Pada kesempatan mengecek final sarana infrastruktur olahraga di Jakabaring Sport City Center, Menteri Basuki secara langsung mengecek satu persatu arena mulai dari dayung dan lainnya.

Bahkan ketika mengecek penyelesaian kawasan wisma untuk 2.000 atlet yang ditampung di lima wisma, tiga yang lama dan dua yang baru, Menteri sempat menegur salah satu mandor.

Ia meminta mandor itu agar total pekerja yang sebanyak 50 orang ditambah hingga 200 orang agar target penyelesaian sebelum 25 Juli, dapat tercapai.

Khusus untuk wisma atlet, pihaknya melakukan perbaikan di sana sini dan melakukan penggantian furnitur seluruhnya dengan yang baru.

 

Sumber: Antara


Berita Terkait