sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Piala Dunia U-17: Aum Singa Atlas mencari mangsa di GBT Surabaya

Siapa yang akan terkapar jadi mangsa mereka di Surabaya?

Arpan Rachman
Arpan Rachman Rabu, 25 Okt 2023 14:43 WIB
Piala Dunia U-17: Aum Singa Atlas mencari mangsa di GBT Surabaya

Abdelhamid Aït Boudlal melompat tinggi. Menerkam ganas dengan trengginas ala seekor Singa Atlas. Ia bergerak liar mencari mangsa. Waktunya pas, posisinya tepat. Tandukannya menyambut sepak pojok. Mutlak menghunjam jala di menit 14. Tim nasional Maroko U-17 unggul cepat 1-0. Di depan lawannya, Senegal, pada final Piala Afrika U-17 2023.

Boudlal, kelahiran Marrakesh. Tinggi menjulang 1,9 meter. Bek tengah posisinya. Kapten kesebelasan jabatannya. Figurnya disegani kawan dan lawan.

Demam Maroko kala itu masih mendunia. Enam bulan setelah timnas seniornya menggapai sejarah. Meninggalkan jejak dan aum singa meraung dari negeri Magribi di Pegunungan Atlas, Afrika Utara. Jadi semifinalis Piala Dunia Qatar 2022.

Bintang Bayern Munich Absen

Kembali ke final Piala Afrika U-17 2023 itu, 19 Mei lalu, di Nelson Mandela Stadium, Aljir, Aljazair. Peluit akhir bukan meniupkan kemenangan. Senegal U-17 mampu membalikkan skor 2-1. Lewat gol-gol balasan di penghujung laga.

Perbedaan kedua tim hanya soal siapa yang berhasil mengangkat piala. Mereka sudah sama-sama mengantongi tiket ke Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Tapi Boudlal dkk sedikit lebih beruntung.

Semula, di awal tahun, Federasi Sepak Bola Kerajaan Maroko (FRMF) menyatakan tidak ikut Piala Afrika U-17 2023. Belakangan, pernyataan itu secara resmi ditarik kembali. Mereka finis sebagai runner-up.

Boudlal beruntung, tapi tidak Adam Aznou. Pemain spesialis posisi ganda sebagai bek kiri sekaligus penyerang sayap. Bintang muda dari klub raksasa Jerman, Bayern Munich U19.

Sponsored

Adam mengungkap kecewa karena dikeluarkan dari skuad Maroko untuk Piala Dunia U-17 2023. Pelatih kepala Singa Atlas, Said Chiba, telah merilis daftar 25 pesepakbola yang dipilihnya pada Senin (23/10).

"Pelatih punya rencana lain dan tidak mengandalkan saya," katanya. Seraya mengingkatkan bahwa dia "sangat ingin dan bersemangat sekali untuk bisa bermain di Piala Dunia."

"Tetapi saya tidak akan mendapatkan kesempatan ini," sambung Adam, menambahkan bahwa dia kecewa namun menghormati keputusan pelatih.

Singa Kuartet Eropa

Ucapannya semoga beruntung bagi tim Maroko U-17. Dia juga membantah adanya “perilaku buruk” atau “masalah lain” yang mungkin menjadi penyebab namanya hilang. Dia memposting di media sosialnya dengan “Dima Maghrib,” atau “Maroko Selamanya.”

Aznou bergabung dengan Bayern Munich tahun lalu, kendati bakatnya diminati pula oleh FC Barcelona. Tanpa dia, tim asuhan Chiba masih menyisakan kuartet kelas Eropa.

Duo gelandang Adam Boufandar (Juventus, Italia) dan Mohamed Zine El Abidine Hamony (Le Havre, Prancis). Penyerang Othmane Elidrissi Erahhali (Darmstadt 98, Jerman) dan sayap kiri Zakaria Ouazane (Ajax, Belanda).

Maroko U-17 memakai pola 4-2-3-1 dalam uji coba terakhir kontra Inggris U-17 yang berkesudahan kalah 0-1, Sabtu (14/10). Kenduri akbar Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 melanjutkan partisipasi mereka kedua kali. Langkahnya maju ke 16 Besar pada debut di Uni Emirat Arab 2013 silam. Siapa yang akan terkapar jadi mangsa mereka di Surabaya?

Jadwal Maroko di Grup A:

vs Panama
10 November 2023, 16:00 WIB
Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

vs Ekuador
13 November 2023, 16:00 WIB
Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

vs Indonesia
16 November 2023, 19:00 WIB
Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid