sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ratri: Tidak ada lagi perbedaan antara atlet Olimpiade dengan Paralimpiade

Indonesia berhasil meraih sembilan medali dalam ajang Paralimpik Tokyo 2020.

Natasya
Natasya Selasa, 07 Sep 2021 20:33 WIB
Ratri: Tidak ada lagi perbedaan antara atlet Olimpiade dengan Paralimpiade

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, mengapresiasi dukungan pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sehingga prestasi para atlet dalam ajang Paralimpik Tokyo 2020 melampaui target.

“Ini adalah capaian yang sangat luar biasa. Tanpa campur tangan Bapak Zainudin Amali (Menteri Pemuda dan Olahraga) tidak mungkin tercapai,” katanya.

Indonesia berhasil mendapatkan dua medali emas, tiga perak, dan dua perunggu dari 23 atlet yang berpartisipasi. Dalam ajang sebelumnya, Paralimpik Rio De Janeiro 2016, hanya ada sembilan atlet dan meraih satu perunggu.

Senny Marbun juga berterima kasihnya kepada presiden atas perhatiannya kepada para atlet-atlet disabilitas. “Karena di era kepemimpinan Bapak Jokowi, NPC bisa setara dengan saudara-saudara kami yang nondifable."

“Itu memicu semangat kami untuk bisa meraih sukses yang luar biasa guna ikut mengharumkan nama bangsa dan negara,” sambungnya, melansir situs web Kemenpora.

Menurutnya, atlet disabilitas sebelumnya dipandang sebelah mata dan selalu dinomorduakan. Pernyataan senada disampaikan atlet parabadminton Indonesia periah tiga medali dalam Paralimpik Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila.

"Saya senang karena sekarang ini tidak ada lagi perbedaan antara atlet Olimpiade dengan atlet Paralimpiade,” jelasnya. “Saya benar-benar merasa disetarakan. Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menpora Amali. Kami benar-benar bisa berlatih dan ini membuat kami lebih semangat."

Sementara itu, Zainudin Amali mengungkapkan rasa bangga kepada para atlet yang telah berjuang maksimal sehingga berhasil meraih sembilan medali. "Alhamdulillah, target-target yang ada tercapai bahkan terlampaui."

Sponsored

"Karena itu, saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada NPC, Pak Senny Marbun, dan para atlet atas raihan prestasi," imbuh politikus Partai Golkar ini.

Dirinya lalu menyampaikan salam dan rasa bangga presiden dan seluruh masyarakat Indonesia atas prestasi yang berhasil diraih. Alasannya, capaian tersebut merupakan prestasi yang patut dibanggakan.

"Semalam beliau sampaikan kepada saya karena saya melapor akan menjemput kontingen Indonesia yang akan kembali ke Tanah Air. Beliau menyampaikan, salam hangat dan ucapan terima kasih atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia kepada para pendamping, para pelatih, para atlet dan kontingan Indonesia," tandasnya.

Berita Lainnya