sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Selamat tinggal, Madrid

Real Madrid tersingkir dari kompetisi Liga Champions 2018/19.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Rabu, 06 Mar 2019 08:07 WIB
Selamat tinggal, Madrid

Ajax Amsterdam memberi kejutan pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions, saat menghadapi Real Madrid pada Rabu (6/3). Pasukan de Godenzonen memberi kekalahan telak 1-4, setelah pada leg pertama mereka ditundukkan Madrid 2-1. 

Hasil ini membuat mayoritas penonton di Santiago Bernabeu dirundung duka. Real Madrid dipastikan tersingkir dari Liga Champions 2018/19 dengan kekalahan agregat 3-5.

Ini merupakan eliminasi pertama bagi Madrid, dari babak 16 besar Liga Champions sejak musim 2009/10. Mereka tak bisa mempertahankan trofi juara yang musim lalu diraih setelah mengalahkan Liverpool di babak final.

Bek Madrid Dani Carvajal mengakui, timnya berada dalam kondisi yang kacau musim ini. "Musim ini telah berakhir bagi kami. Kami tak bisa menyembunyikan fakta bahwa kami memiliki musim yang kacau," kata Carvajal dikutip dari Football Espana, Rabu (6/3).

Kekalahan atas Ajax, menjadi pelengkap setelah skuad Santiago Solari menerima kekalahan beruntun di ajang El Clasico. Pekan lalu, Madrid dikalahkan Barcelona dengan skor 0-3 saat menjalani leg kedua Copa del Rey. Kekalahan ini membuat mereka tersingkir dari Copa del Rey dengan agregat 1-4.

Madrid juga semakin berat menghadapi persaingan memperebutkan gelar La Liga, setelah menelan kekalahan 1-0 dari Bacelona. Di klasemen La Liga, Madrid tertinggal 12 poin dari Barca yang mengoleksi 60 poin di posisi puncak.

"Kami kehilangan semuanya pekan ini, dan semuanya terjadi di kandang kami," ucap Carvajal.

"Ajax bermain lebih baik dan layak mendapat kemenangan ini. Kami tidak bermain bagus setelah kekalahan beruntung di laga kandang melawan Barcelona," katanya.

Sponsored

Pertandingan

Ajax memang tampil menekan sejak awal pertandingan. Anak-anak asuh Erik ten Hag telah berhasil membuka keunggulan pada menit ke-7, dengan gol Hakim Ziyech (7). David Neres menggandakan keunggulan lewat sepakan silangnya di depan gawang pada menit 18. Dusan Tadic (62), dan Schone (72).

Los Blancos berusaha mengejar ketinggalan pada babak kedua. Namun mereka justru kembali kebobolan lewat gol cantik Dusan Tadic pada menit 63. 

Madrid berhasil memperkecil ketinggalan lewat gol Marco Asensio pada menit ke-70. Namun berselang dua menit kemudian, Lasse Schone kembali memperlebar jarak dan menutup laga dengan skor 1-4.

Susunan Pemain:

REAL MADRID (4-3-3): Thibaut Courtois; Sergio Reguilon, Raphael Varane, Nacho Fernandez, Daniel Carvajal; Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric; Lucas Vazquez, Vinicius Junior, Karim Benzema.
Cadangan: Keylor Navas, Jesus Vallejo, Marcelo, Federico Valverde, Dani Ceballos, Marco Asensio, Gareth Bale.

AJAX (4-2-3-1): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Frenkie de Jong, Lasse Schone; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, Dusan Tadic; David Neres.
Cadangan: Bruno Varela, Joel Veltman, Daley Sinkgraven, Dani de Wit, Zakaria Labyad, Klaas-Jan Huntelaar, Kasper Dolberg.