sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

PAN Sumsel dukung Jokowi, Eddy: Mereka kader tak produktif

Edy pun menilai dukungan PAN Sumsel kepada Jokowi merupakan suatu kebohongan yang sengaja diciptakan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Jumat, 14 Des 2018 08:29 WIB
PAN Sumsel dukung Jokowi, Eddy: Mereka kader tak produktif

Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, mengatakan kader PAN Sumatera Selatan yang menyatakan dukungannnya kepada capres nomor urut 02, Joko Widodo, merupakan kader yang tidak produktif. Edy pun menilai hal tersebut merupakan suatu kebohongan yang sengaja diciptakan.

“Yang hadir di deklarasi itu orang-orang yang dibajuin PAN. Bajunya juga salah. Makanya kami geleng-geleng kepala ada sebuah kebohongan terorganisir di situ. Sumsel itu pertama. Mereka kader-kader yang tidak produktif dan aktif,” kata Eddy di kantor KPU, Jakarta.

Menurut Edy, mereka yang mendeklarasikan dukungannya terhadap Joko Widodo tak pernah menduduki jabatan strategis atau masuk dalam kepengurusan. Tujuan mereka bersikap demikian hanyalah untuk mendapat keuntungan pribadi. 

Edy menegaskan, DPW Sumsel tetap solid mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Adapun mereka yang menyatakan dukungannya kepada Jokowi telah diberikan sanksi. Selain itu, Eddy juga mengatakan tidak ada permasalahan di dalam internal partainya.

Dukungan kader PAN kepada Jokowi-Maruf tak hanya di Sumsel, melainkan juga terjadi di Kalimantan Selatan. Ketua DPW PAN di Kalimantan Selatan telah menyatakan dukungannya terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin. Namun, menurut Edy hal itu tidak mempengaruhi soliditas kader PAN secara keseluruhan untuk memenangkan Prabowo-Sandiaga Uno.

“PAN solid seluruh DPW dan DPD dukung Prabowo-Sandi,” katanya.

Meski Ketua DPW membelot ke Jokowi-Maruf, menurut Eddy, kader DPW Kalimantan Selatan lainnya tetap solid menyatakan dukungan terhadap Prabowo-Sandiaga Uno. Sikap Ketua DPW PAN tersebut hanyalah untuk mendapatkan keuntungan secara pribadi saja.

Eddy membeberkan, Ketua DPW Kalimantan Selatan tersebut secara struktural telah dinyatakan non-aktif dari kepengurusan partai. Saat ini, kepengurusan diambil alih oleh Dewan Pimpinan Pusat hingga waktu yang belum ditentukan.

Sponsored

Sebelumnya, puluhan kader PAN Sumatera Selatan menyatakan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi -Ma'ruf Amin. Dukungan mereka karena menganggap Jokowi berhasil dan mampu melaksanakan pembangunan terutama di Sumatera Selatan.

Sikap 25 Kader PAN itu disampaikan dalam deklarasi bertema 'Kader dan Simpatisan DPW Partai Amanat Nasional Sumatera Selatan mendukung Ir H Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 di sebuah rumah makan di Palembang, pada Rabu (12) / 12).

Sholahuddin, salah satu penggagas deklarasi, menanggap Jokowi telah berhasil dan sukses dalam pembangunan selama empat tahun terakhir. Di Palembang saja, insfrastruktur terbangun, mulai dari Light Rail Transit (LRT), tol, Jembatan Musi IV, Jembatan Musi VI, dan bangunan fisik lainnya.

"Jokowi sukses memimpin dan kami dukung Jokowi menjadi presiden dua periode," kata Sholahuddin.