sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Tim Semut Gercep Putih jaga kebersihan di lokasi kampanye Jokowi

Tim Semut Gercep Putih akan menjaga kebersihan lingkungan GBK dan sekitarnya.

Robi Ardianto
Robi Ardianto Sabtu, 13 Apr 2019 13:57 WIB
Tim Semut Gercep Putih jaga kebersihan di lokasi kampanye Jokowi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 22750
Dirawat 15717
Meninggal 1391
Sembuh 5642

Panitia "Konser Putih Bersatu" menyiapkan 500 sukarelawan kebersihan yang tergabung dalam Tim Semut Gercep (Gerak Cepat) Putih. Tim dibentuk untuk menjaga kebersihan Gelora Bung Karno (GBK), yang menjadi lokasi acara kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf. Mereka akan bergabung dengan tim kebersihan organik dari GBK. 

Komandan Tim Semut Gercep Putih Syafiq Pontoh menyebut, para relawan akan sigap dalam menjaga kebersihan lingkungan GBK.

"Tak hanya lingkungan sekitar GBK, mulai dari toilet, fasilitas parkir, fasilitas istirahat massa, seperti tempat kuliner dan tempat-tempat lainnya, juga dijaga oleh tim semut kami. Istilahnya, ketika melihat sampah sedikit, mereka langsung pungut," kata Syafiq Pontoh di GBK, Jakarta, Sabtu (13/4).

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, juga mengimbau agar para peserta kampanye akbar menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan GBK. Menurutnya, hal ini tidak akan menjadi masalah karena pihaknya telah memiliki pengalaman menjaga kebersihan dan ketertiban GBK, saat menyelenggarakan ajang pesta olah raga Asian Games 2018 lalu. 

"Pengalaman saat Asian GAmes 2018 lalu, ketika kita mampu menjaga keasrian, keindahan, dan kebersihan GBK, akan dipertahankan saat kampanye capres Jokowi-Ma'ruf Amin ini berlangsung," kata Erick yang saat pelaksanaan Asian Games menjadi ketua panitia pelaksana.

Tim kesehatan

Selain tim kebersihan, tim kesehatan juga melengkapi kampanye akbar pasangan nomor urut 01. Sebanyak empat posko kesehatan gabungan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Metropolitan Ambulance Service, bersiaga memberikan pelayanan kesehatan pada para peserta.

"Kami menangani para peserta yang sudah tidak bisa mengikuti aktivitas, rata-rata karena kelelahan" kata dokter jaga posko dr Hargo Tegar Legowo ditemui di posko Gate 4 Stadion GBK.

Sponsored

Hingga pukul 13.00, sudah ada 20 orang yang menggunakan layanan kesehatan di posko tersebut. Menurut Hargo, mayoritas masyarakat mengeluhkan kepala pusing dan lemas akibat kelelahan.

Namun demikian, tim kesehatan tak sembarangan memberikan obat pada peserta yang datang. Tim akan terlebih dahulu memberi penyuluhan, air minum, atau makanan untuk menghilangkan kelelahan.

"Kami tetap sesuai prosedur dan kami imbau agar masyarakat yang datang siap dengan kondisi tubuh yang prima, air minum yang cukup, serta membawa penghalau sinar matahari agar tidak kepanasan dan dehidrasi," ujarnya.

Dari pantauan reporter Alinea.id di lapangan, massa tampak sudah membludak di GBK. Panggung-panggung partai koalisi juga  telah berdiri di sekitar kawasan Senayan. 

Ratusan stand kuliner nusantara ikut berjajar untuk memulihkan dahaga dan lapar peserta rapat akbar. 

Berita Lainnya